Hasil MK Final, KPU Tetapkan Legislator 2009-2014

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengumumkan para legislator terpilih. Pengumuman disampaikan langsung oleh Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, didampingi segenap komisioner KPU beserta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nur Hidayat Sardini.

“Sesuai dengan rencana kita, setelah MK memutuskan hasil penghitungan suara ulang di beberapa provinsi maka KPU akan menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih,” kata Hafiz, Rabu (2/9/2009).

Hafiz mengatakan, penetapan pada dasarnya telah dilakukan pada 21 Agustus 2009, meskipun belum diumumkan karena menunggu putusan final Mahkamah Konstitusi (MK) tentang pemungutan dan penghitungan suara ulang di sejumlah provinsi yang dikeluarkan kemarin.

Secara keseluruhan tidak ada perubahan calon terpilih pada penghitungan tahap satu dan dua. Perubahan hanya terjadi pada penghitungan tahap tiga sesuai putusan MK.

Di antara calon yang menjadi “korban” perubahan penghitungan tahap ketiga tersebut adalah Ketua DPR Agung Laksono, yang tergusur dan digantikan oleh Saifuddin Donodjoyo dari Partai Gerindra.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat legislator, yakni Erry Purnomohadi calon PAN dari daerah pemilihan Jawa Barat XI, Suwardjono calon Partai Gerindra dari dapil Jawa Tengah VIII, Ahmad Daeng Se’re caleg PPP dari dapil Sulawesi Selatan I, dan Mochammad Mahfud calon PPP dari dapil Jawa Timur XI urung ditetapkan.

Bawaslu menduga mereka melanggar Pasal 50 Ayat 1 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu Legislatif yang mewajibkan PNS dan pejabat BUMN mengundurkan diri saat ditetapkan sebagai calon legislator oleh KPU.

Bawaslu akan melakukan penyelidikan atas keempatnya dan jika dinyatakan tidak terbukti melanggar, KPU akan segera menetapkan mereka sebagai calon terpilih. Pelantikan para legislator terpilih akan dilakukan pada 1 Oktober 2009.

Sumber : Okezone
Kamis, 3 September 2009 – 00:22 wib
Insaf Albert Tarigan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone