Fadel Muhammad

Nama : Ir H Fadel Muhammad
Lahir : Ternate, 20 Mei 1952
Agama : Islam
Jabatan : Gubernur Gorontalo (2001-2006 dan 2006-2011)
Isteri : Hana Hasanah
Anak : Fikri, Faiz, Fauzan
Saudara: Jehan Nabila, Tania

Pendidikan:
• Fakultas Teknik Industri, Departemen Teknik Fisika ITB, (1972 – 1978)
• Kandidat Doktor program studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Gadjah Mada (2005)

Karir:
• Pengusaha
• Politisi (Partai Golkar)
• Gubernur Gorontalo

Karir Pengusaha:
- Presiden Komisaris/Chairman dari beberapa perusahaan berskala dunia yang dikembangkan sejak awal bersama dengan:
a. PT ARCO CHEMICAL INDONESIA / PT LYONDELL INDONESIA /PT BAYER URETHANES INDONESIA (1987-2004)
(Group ARCO/LYONDELL/BAYER Germany – bidang Petrochemical Industries)
b. PT DOWELL ANADRILL SCHLUMBERGER INDONESIA (1985 -2004) (Group SCHLUMBERGER Perancis, U.S.A, – bidang Oil & Gas Services)
c. PT GEMA BAKER NUSANTARA / PT DWI SENTANA PRIMA (1983-2003) (Group BAKER TOOLS U.S.A – bidang Oil & Gas Services)
d. PT GEMA SEMBROWN / PT SEMBAWANG MARITIME OILFIELD ENGINEERING Indonesia (Joint Venture dengan Group SEMBAWANG Singapore dan Group BROWN & ROOT U.S.A – Bidang Steel Fabricator on Oil & Gas Industry) sejak 1988
e. PT NESIC BUKAKA (Group NEC Japan – bidang telekomunikasi) sejak 1993
- Komisaris Utama INTAN Group (1995-2004), bidang Asuransi dan Keuangan
- Komisaris Utama WARTA Group (1989 – sekarang), bidang Publishing
- Komisaris Utama SIERAD Group (1994 – 1999), bidang Food Industry
- Presiden Direktur BUKAKA Group (1987- 1997), bidang Heavy Industry
- Komisaris Utama BATAVINDO Group (1995 – 2000), bidang Petrochemical

Karir Pemerintahan:
- Gubernur Provinsi Gorontalo (periode 2001 – 2005)
- Ketua Dewan Pembina Badan Kerjasama Pembangunan Regional se-Sulawesi/BKPRS (periode 2003 – 2005)
- Wakil Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia
(periode 2003 – 2007)
- Ketua Dewan Jagung Indonesia (periode 2004)

Legislatif:
- Anggota MPR-RI, Utusan Daerah Periode 1999-2004
Utusan Golongan Periode 1992-1997
Ketua Komisi D, FKP,MPR RI (Sidang Umum 1998)
Anggota Badan Pekerja (1992-1993)

Organisasi Usaha/Profesi:
- Anggota Dewan Pertimbangan KADIN INDONESIA sejak 2003
- Anggota Dewan Pengurus Harian KADIN INDONESIA:
* Ketua Bidang Industri Logam, Mesin, Kimia dan Agroindustri

Periode 1999 – 2003
* Ketua Bidang Industri Periode 1994 – 1999
* Ketua Kompartemen Industri Mesin dan Logam Dasar Periode 1989 – 1994

- Anggota PII (Persatuan Insinyur Indonesia)
- Anggota CEO (Chief Executive Organization)
- Anggota PATI (Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia)
- Anggota ASME (The American Society of Mechanical Engineers)

Organisasi Politik:
- Bendahara Umum DPP PARTAI GOLKAR Periode 1999 – 2004
- Ketua Departemen Koperasi dan Wiraswasta DPP GOLKAR
Periode 1993 – 1998
- Ketua DPP Majelis Dakwah Islamiyah Bidang Kepemudaan
Periode 1989 – 1994

Lain-Lain:
- Dewan Kurator Universitas Al-Khairaat dan Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Khairaat, Palu
- Anggota Dewan Kehormatan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)
- Anggota Dewan Penasehat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Periode 1996-2001
- Ketua Departemen Pembinaan Ekonomi Lemah dan Kemasyarakatan (ICMI) Periode 1990-1995
- Nara Sumber Dewan Keamanan Nasional dalam penyusunan bahan-bahan untuk GBHN Periode 1993-1998
- Ketua Harian Tim Asistensi Pengembangan Indonesia Bagian Timur – KADIN Periode 1993-1997
- Bendahara Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB)
Periode 1987 – 1992
- Sekretaris Jenderal Indonesia Shipowner Association (INSA)
Periode 1986 – 1988

Pengalaman Dalam Kegiatan Internasional:

- Vice President ASEAN Business Forum
- Anggota Chapter Committee Forum Internasional Young President Organization (YPO)
- Ketua Working Group on Industrial Cooperation ASEAN Chambers of Commerce and Industry (WGIC ASEAN CCI)
- Ketua Working Group on Industrial Cooperation of Conferedreation of Asia-Pacific Chambers of Commerce and Industry (WGIC – CACCI)
- Ketua Penyelenggara Industrialists Roundtable ASEAN-European Union, Jakarta, 1997
- Ketua Pelaksana Dialog Industri Barang Modal Timur-Tengah, Jakarta, 1989

Alamat Kantor:
Gubernur Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kel. Botu, Kota Timur, Kota Gorontalo, Telp. +62-0453-821277 Fax. 0435-828281

Alamat Rumah Jakarta:
Jalan Suwiryo, Menteng, Jakarta Pusat

Fadel Muhammad
BPK: Gubernur Gorontalo Terbaik

Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad menerima penghargaan Pencapaian Menuju Tertib Administrasi Keuangan (terbaik) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ketua BPK Anwar Nasution menyerahkan penghargaan itu dalam rangkaian acara HUT ke-60 BPK, di JCC (Jakarta Convention Center), Selasa malam 9 Januari 2007, yang juga dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara.

Hadir juga Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Ketua DPR Agung Laksono, Jaksa Agung Abdulrahman Saleh, Menko Polhukkam Widodo AS, Mendagri M. Ma’ruf, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi, Menteri PU Djoko Kirmanto, Mendiknas Bambang Sudibyo, Menbudpar Jero Wacik, Menkominfo Sofjan Djalil, Kapolri Jenderal Pol. Sutanto, Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki dan Juru Bicara Presiden, Andi A. Mallarangeng.

Sejumlah gubernur, bupati/walikota dan ketua DPRD provinsi, kabupaten dan kota serta para pemimpin redaksi media massa juga menghadiri acara itu di antara sekitar 500 undangan. Juga hadir para Ketua BPK dari negara sahabat, antara lain Sri Dato Setia Haji Ambrin Bin Buang (Malaysia), Mohammad Reza Rahimi (Iran), Steve Chapman (Australia) dan Alexander N. Semikolennykh (Rusia), serta para Duta Besar negara sahabat,

Acara diawali sambutan Ketua BPK Anwar Nasution, disusul dengan pemberian penghargaan kepada Fadel Muhammad. Menurut Ketua BPK Anwar Nasution, tujuan pemberian penghargaan ini untuk mendorong dan merangsang Pemerintah Daerah untuk mengelola keuangannya secara tertib administrasi, sesuai standar yang ditetapkan. Dengan demikian, BPK tidak semata-mata mengaudit, namun juga berupaya memberikan apresiasi kepada Pemda yang telah melakukan upaya sungguh-sungguh untuk mencapai hal tersebut.

Sementara Presiden SBY dalam sambutannya berharap kepada seluruh Pemda untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan kewajiban menuju transparansi dan akuntabilitas keuangan negara dan daerah. “Insya Allah dengan niat yang ikhlas, kita akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Presiden.

Acara malam pemberian penghargaan ini diakhiri dengan doa bersama oleh Direktur Urusan Agama Pembina Syariah Departemen Agama Dr. Muzakir. Presiden beserta rombongan meninggalkan lokasi tepat pada pukul 20.45 WIB setelah mengikuti jamuan makan malam dengan para tamu undangan di JCC.

Pengusaha Politisi

Ir H Fadel Muhammad, seorang pengusaha dan politisi kelahiran Ternate, 20 Mei 1952 bertepatan hari kebangkitan nasional. Dia anak sulung dari orangtuanya, yang pedagang antarpulau dan guru. Nama Fadel diberikan oleh kakeknya yang melihat dari mata batinnya, bahwa cucunya itu kelak akan lebih baik dan berbeda dengan teman-temannya. Sejak kecil memang perbedaan itu tampak dari perilaku kesehariannya yang bersahaja dan selalu patuh pada orangtua.

Dia menikmati masa remaja idi Gorontalo dan Ternate. Setelah tamat SMA di Ternate, Fadel melanjut ke ITB. Ketika itu kakeknya berpesan, agar Fadel bisa jadi pelaku sejarah dan bukan hanya pembaca sejarah. Semasa kuliah di ITB, dia pun meraih prestasi gemilang. Tahun 1975 dia mendapat penghargaan sebagai mahasiswa teladan. Kemudian mendapat beasiswa dari Caltex dan grant dari Mitsubishi. Fadel mendapatkan tawaran beasiswa untuk belajar di Institut Teknologi California, namun tawaran tersebut ditolaknya.

Jiwa wiraswastanya sudah mulai tampak sewaktu dia masih mahasiswa. Saat itu, antara lain, dia mengubah pola bisnis koperasi mahasiswa, sepenuhnya dikelola mahasiswa. Dia mengkapitalisasi brand ITB untuk memajukan bisnis koperasi itu.

Setelah meraih gelar insinyur tahun 1978, Fadel memilih jadi pengusaha. Dia mendirikan PT Bukaka Teknik Utama. Usahanya berkembang. Kemudian dia juga menjadi eksekutif dan sekaligus pemilik di sejumlah perusahaan nasional dan joint venture dengan perusahaan asing berskala dunia.

Mantan Bendahara DPP Golkar ini terpilih menjadi Gubernur Provinsi Gorontalo dan memimpin daerah ini sejak 10 Desember 2001. Periode pertamanya berakhir 10 Desember 2006 dan dia terpilih kembali melalui Pilkada langsung oleh rakyat dengan suara yang sangat signifikan 80% lebih (tertinggi dari seluruh Pilkada Gubernur). Selain menjabat Gubenrhur Gorontalo, dia juga menjabat Ketua DPD I Golkar di Gorontalo.

Sebagai gubernur, visinya jelas, membangun Gorontalo dari ketertinggalannya agar mandiri. Berbudaya. Bersandar pada moralitas agama. Fadel bertekad mengakselerasi pembangunan Gorontalo sebagai provinsi baru (dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Utara pada 2001) untuk mengejar ketertinggalan wilayahnya dari propinsi-propinsi lain.

Menurut Fadel, menjadi gubernur adalah untuk melayani masyarakat dan menjadikan masyarakatnya mandiri. Untuk mewujudkan hal itu dia melakukan banyak acara dan kegiatan.

Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) 1978, juga salah seorang pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Setelah menjabat Gubernur Gorontalo, yang fokus mengembangkan pertanian jagung, Fadel dipercaya menjadi Ketua Umum Pengurus Dewan Jagung Nasional.

Fadel pun bisa mewujudkan pesan sang kakek. Sebagai mahasiswa, pengusaha, politisi dan gubernur di daerah asalnya, Fadel sudah mewujudkan pesan kakeknya. Dia memang sudah jadi pelaku sejarah. Dialah yang membawa Gorontalo mengejar ketinggalan.

Salah satu tindakan bersejarah dari kebijakan Fadel adalah pembenahan bandara Limboto. Ketika menerima 500 calon jamaah haji dari Gorontalo, Fadel memaparkan bahwa calon jamaah haji itu tidak perlu lagi harus menempuh jalan darat ke Manado. Sehingga para calon jemaah haji bisa terbang menggunakan pesawat dari Limboto menuju Tanah Suci.

Menjelang tutup tahun 2006 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada para tokoh, pejabat dan masyarakat umum yang dianggap berprestasi dalam berbagai hal. Salah satunya adalah Citra Pelayanan Prima yang dianugerahkan kepada Fadel.

***
Fadel pernah mengalami perkara kepailitan melawan Bank IFI, ING Barings South East Asia Limited di Singapura, serta Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Ia dinyatakan berutang Rp. 40 miliar kepada Bank IFI, sebesar US$ 4,8 juta kepada ING Barings, dan sebesar Rp 93,2 miliar kepada BPPN. Dalam putusan Pengadilan Niaga Jakarta pada 13 Maret 2001, ia dinyatakan pailit, namun dalam tingkat kasasi oleh Mahkamah Agung pada 18 Oktober 2004, dia dibebaskan.

15 Responses to Fadel Muhammad

  1. edward January 14, 2009 at 3:49 pm

    Bisa minta Alamat kantor pak fadel diJakarta dimana?

  2. Hadi Mirza Zafrul January 25, 2009 at 7:45 pm

    Redaksi yang terhormat,

    sekedar untuk memberi dukungan, boleh minta e-mailnya pak Fadel?

  3. Jhon February 3, 2009 at 1:58 pm

    Ya kita mendukung BApak Fadel Muhammad sebagai Wakil President, mewakili kawasan Indonesia timur Indonesia.

    Wass wr wb

  4. Pingback: Fadel : Saya Siap Bertarung di Kancah Nasional - Pemilu Indonesia 2009

  5. teguh supriyatno February 20, 2009 at 4:10 pm

    Kami adalah pengelola situs resmi Dr. Ir. H. Fadel Muhammad (http://fadelmuhammad.org/staging/) dan Facebook beliau (http://www.facebook.com/home.php#/pages/fadel-muhammad/47904286195?ref=ts).
    Kami menemukan halaman ini secara tidak sengaja. Suatu kebanggaan bahwa banyak pihak yang memberikan apresiasi terhadap beliau. Untuk itu, mewakili Bapak Dr. Ir. H. Fadel Muhammad, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
    Selanjutnya, jika Anda ingin berkomunikasi dengan beliau, silahkan Anda mengirimkannya melalui situs atau halaman facebook tersebut.
    Demikian pemberitahuan resmi dari kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

  6. MONIQUE March 24, 2009 at 2:33 pm

    saya …sangat mengidolakan Pak fadel Muhammad …….. apalagi beliu pernah tampil di acara ” CANDIDATE METRO TV” semua ide dan visi beliu sangat sesuai dengan apa yang di butuh kan bangsa indonersia…..saya akan mendukung beliu bila seandainya beliau ikutpemilihan capres nanti…….

    ” suskses untuk pak fadel”

  7. M.Syafei July 9, 2009 at 12:32 pm

    saya berasal dari Tangerang,Banten.Tidak begitu mengenal pa Fadel namun setelah pilpres 2009 ini,kok ada perasaan yang begitu besar bahwa pa fadel Insya Allah akan menduduki jabatan RI 1 di tahun 2014 nanti,amin ya Allah…….

  8. Marwan October 21, 2009 at 3:19 pm

    Setelah Fadel ?? ada lagi yang bisa memajukan daerah Gorontalo???…..sow beliau sudah jadi pelaku sejarah….sukses terus pak Fadel kami rakyat gorontalo selalu mendukungmu.

  9. Arhy October 22, 2009 at 8:38 pm

    saya merupakan salah satu yang mengidolai bapak fadel…..
    menurut saya,, jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet Indonesia Bersatu ll yang di berikan oleh bapak SBY kepada beliau sangat cocok.

  10. nini October 26, 2009 at 12:43 pm

    Pak Fadel dan Ibu Hana sangat ramah dan baik hati.. Selamat buat Pak Fadel yg sudah terpilih menjadi menteri kelautan dan perikanan RI 2009-2014,
    selama beliau menjadi gubernur gorontalo, saya sangat kagum dgn kepemimpinannya yg sangat bijaksana, berwibawa dan merakyat… sukses terus buat pak Fadel…

  11. YUDI FITRIADI November 18, 2009 at 6:32 pm

    saya sangat setuju, jika Bpk. Fadel Muhamad menjadi menteri kelautan dan perikanan RI, bahkan saya sangat mendukung sekali jika beliau mencalonkan diri menjadi Presiden Republik Indonesia 2014. bravo pemimpinku …… makmurlah negeriku. and good luck my leader Fadel Muhamad.

  12. fitria purnama sari ginting March 19, 2010 at 12:26 pm

    saya sangat mengagumi Pak Fadel…..
    semoga bpk tetap bisa menjadi pemimpin yang bersahaja…
    saya si ber harap bapak bisa menjadi the next president of Indonesia

  13. i kadek aryadi August 28, 2010 at 8:32 pm

    saya adalah orang bali, yang mengagumi kepemimpinan bapak fadel dalam memajukan gorontalo, semoga pada tugas baru menjadi menteri, beliau bisa memajukan negara indonesia ini, maju terus putra putri terbaik bangsa…bawalah negeri ini sejajar dengan bangsa bangsa besar yang lain …bravo!

  14. Mahmud Habu Jauhari January 13, 2012 at 8:40 am

    Jika tdk lg jd menteri sy hrpan Bapak konsentrasi aja utk pertarungan pemilu 2014, semoga jd RI 1

  15. uchi hiola February 15, 2012 at 2:18 am

    Saya orang asli Gorontalo
    sangat bangga pernah memiliki pak Fadel
    dan Sangat berterima kasih pada beliau karena telah membuat Gorontaloku dikenal oleh banyak orang karenanya
    Terima Kasih Pak Fadel :)
    belum ada Gubernur yang sebaik pak fadel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone