Panwas Pilkada Jember Temukan DPT Bermasalah

Panitia pengawas (Panwas) pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Jember menemukan daftar pemilih tetap (DPT) bermasalah di sejumlah kecamatan di kabupaten setempat.

Ketua Panwas Pilkada Jember, Arifin Nur Budiono, Rabu, mengatakan, Panwas Pilkada tingkat kecamatan menemukan pemilih dalam DPT yang usianya tidak tertulis, pemilih di bawah umur dan identitasnya tidak ada (kosong).

“Kami memang minta Panwas Pilkada tingkat kecamatan untuk mengecek kebenaran DPT di masing-masing tempat pemngutan suara (TPS),” tutur Arifin.

Ia mengungkapkan, di TPS 19 Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu ditemukan pemilih yang usianya tidak tertulis dalam DPT.

Di TPS 23 dan 24 di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempurejo ditemukan 17 pemilih tanpa identitas tercatat dalam DPT, sedangkan di Kecamatan Jenggawah ditemukan tiga pemilih di bawah umur.

“Saya berharap, KPU melalui masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) memperbaiki DPT karena tidak akuratnya DPT dapat menyebabkan rawan konflik pada pemungutan suara Pilkada Jember,” paparnya.

Menurut Arifin, pemilih yang tidak memiliki identitas (kosong) dalam DPT berpotensi disalahgunakan oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab terkait dengan pemenangan salah satu calon pasangan dalam pemungutan suara mendatang.

“Ini sangat berbahaya, sehingga PPK harus mencoret pemilih tak beridentitas itu,” katanya menegaskan.

Secara terpisah, anggota KPU Jember, Hanan Kukuh Ratmono, berjanji akan menindaklanjuti temuan Panwaslu Jember, supaya tidak ada DPT yang bermasalah lagi.

“Apabila temuan itu benar maka KPU akan mencoret DPT yang bermasalah karena persoalan DPT dinilai rawan konflik. DPT harus benar-benar valid pada pemungutan suara pilkada 7 Juli mendatang,” ujarnya.

Sumber : antarajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone