KPU Berharap Hasil Rekap Pemilu Ulang Kelar Sehari

Andi Nurpati

Andi Nurpati

Mahkamah Konstitusi telah menetapkan penghitungan suara ulang di tujuh kabupaten sah. Komisi Pemilihan Umum berharap, dengan keputusan itu pihaknya dapat segera menetapkan calon legislatif yang terpilih.

Tujuh kabupaten tersebut yakni Kabupaten Nias Selatan, Batam, Minahasa, Tulang Bawang, Rokan Hulu, Pariaman, dan Musi Rawa

“Apabila perolahan suara ini (yang diputuskan MK) berbeda dan berpengaruh terhadap caleg dari parpol yang bersangkutan, KPU nanti akan kita lihat angka-angka secara detail. Selanjutnya kami akan melihat caleg mana yang mendapatkan kursi di partai tersebut,” kata Anggota KPU Andi Nurpati.

Ini diungkapkan Andi seusai menghadiri pengesahan hasil pemilu ulang di MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (1/9/2009).

Oleh karenanya, besok KPU akan melakukan rapat pleno untuk penetapan tersebut.

“Mudah-mudahan bisa diselesaikan satu hari, sehingga sesegera mungkin KPU mengumumkan kepada publik termasuk kepada parpol dan tiap caleg yang terpilih menjadi anggota DPR dan DPD,” tuturnya.

Sehingga, tambah Nurpati, KPU dapat menyampaikan keputusan ini kepada Sekretariat Negara untuk proses pembuatan surat keputusan Presiden kepada caleg terpilih.

“Demikian juga kepada DPR, DPD, MPR, serta MK dan MA. Kemudian dilanjutkan dengan menetapkan perolehan kursi parpol di dapil yang dimaksud,” paparnya.

Sumber : Okezone
Selasa, 1 September 2009 – 13:15 wib
Rizka Diputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone