Hari Ini MK Putus Hasil Pemilu & Hitung Ulang

Gedung Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) akan membuat putusan final atas hasil pemilu ulang dan penghitungan suara ulang di beberapa daerah hari ini.

Putusan final MK ini di antaranya untuk penetapan calon anggota DPR di tiga daerah yakni Nias Selatan, Tulang Bawang, dan Kepulauan Riau.

Anggota KPU Andi Nurpati yang hadir dalam sidang MK, Selasa (1/9/2009) mengatakan kedatangannya untuk menghadiri pleno terkait hasil penghitungan ulang pemilu.

“Ada empat kabupaten, untuk hari ini hanya ada tiga wilayah untuk DPR yakni Nias Selatan, Tulang Bawang, Kepulauan Riau. Untuk yang DPD ada satu Sumatera Utara. Kecuali, di Yahukimo, baru akan kami gelar tanggal 4 September untuk pemilu ulang,” paparnya.

Dia menjelaskan, untuk penetapan calon anggota legislatif tingkat DPR dan DPD, KPU sudah menyebarkan undangan untuk melakukan pleno pada besok hari, 2 September di Kantor KPU. KPU akan mengundang MK dan Bawaslu untuk menyaksikan rekapitulasi suara, penetapan suara, dan perolehan kursi caleg terpilih.

“Kalau ada gugatan tetap ke MK, saya kira kalau MK sudah menyatakan hari ini final, maka tidak mungkin ada gugatan karena tidak akan diterima MK. Karena itu, bersifat final dan mengikat,” terang Andi.

Soal pemilu ulang di Yahukimo, kata dia, kebetulan untuk DPD. “Jadi kita belakangkan saja, karena waktu pelantikan tinggal menghitung hari. DPD dan DPR kita selesaikan besok plenonya. Karena untuk Nias Selatan ada yang difinalkan hari ini,” kata Andi.

Pemilu ulang digelar di dua kabupaten yakni Nias Selatan (Sumatera Utara) dan Rokan Hulu (Riau). Mahkamah juga memerintahkan Yahukimo mengulang pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah. Sementara penghitungan ulang dilakukan di tiga daerah yakni Tulang Bawang (Lampung), Musi Rawas (Sumatera Selatan) dan Batam (Kepulauan Riau).

Sumber : Okezone
Selasa, 1 September 2009 – 09:58 wib
Rizka Diputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone