Cara Menandai/Mencontreng Pemilu 2009

Sosialisasi Pemilu 2009 : Cara Menandai/Mencontreng Pemilu 2009
Satu Suara Untuk Masa Depan, Tandai Pilihanmu
Teliti Calonnya, Centang Namanya
Ingat Jadwal Pemilu Legislatif 2009 Kamis, 9 April 2009 Pukul 7 Pagi sampai 12 Siang
Cara Menandai/Mencontreng Pemilu 2009

Cara Menandai/Mencontreng Pemilu 2009

20 Responses to Cara Menandai/Mencontreng Pemilu 2009

  1. eko pranata March 17, 2009 at 12:55 pm

    menurut pendapat saya,
    pemilu pada tahun ini terlalu rumit, sehingga banyak masyarakat yang masih tidak tahu bagaimana cara memilih ,ditambah lagi dengan menjamurnya caleg.
    dan KPU tidak begitu aktif mensosialisasikan pemilu sekarang.
    jadi saya berharap KPU lebih aktif mensosialisasikan hal ini.
    semoga pemilu tahun ini SUKSES.

  2. wans March 17, 2009 at 8:09 pm

    Pada pasal 40 ayat 1 bagian b, pemberian tanda contreng dilakukan 1 kali, bagaimana kalau contreng beberapa kali pada no, nama atau partai yang sama atau poto DPD yang sama?

  3. rakyat March 18, 2009 at 10:58 am

    prosedur sosialisasi di situs KPU.GO.ID malah gak ada…gimana mau maju nih sosialisasinya, malah di sistus ini ada tapi juga gak lengkap…….yang benar dimana toh?

  4. ferdy March 19, 2009 at 1:07 pm

    kebijakan parliamentary threshold yang diterapkan pada pemilu legislatif tahun ini adalah sangat tepat demi menguatkan demokratisasi dalam sistem presidensil negara ini, karena sistem ini dapat berjalan dengan efektif jika sistem pemilu kita menerapkan sistem multi partai sederhana… jika kemudian ada pihak-pihak yang tidak setuju dengan aturan PT, yah patut dimaklumilah para politisi kita hanya memikirkan kepentingan jangka pendek mereka tanpa melihat nasib negara ini kedepan…

    VIVA JUSTITIA……

    By : komunitas peduli bangsa

  5. SinBe March 28, 2009 at 1:53 pm

    TOLONG KPU membuatkan daftar calon caleg+namaNya yang besar dipinggir jalan (ya seperti waktu pilgub JATIM) supaya masyarakat pada tahu wajah2 calegNya kemudian daftar calegNya jg…atau paling Ga ya di website remi ini tolong dipasang
    Thanks

  6. igor April 2, 2009 at 4:48 pm

    kepada webmasters, saya punya uneg2 nih:

    Satu, bagaimana cara mencontreng? dimanakah saya bisa mendapat informasi (gambar atau diagram yg paling penting) dan resmi dari kpu.go.id ttg CARA MENCONTRENG yg BENAR ? adakah informasi yg bisa didownload dalam bentuk PDF, PPT, atau visualisasi lainnya (video mungkin) ?

    Dua, kenapa sangat sulit mencari informasi tersebut? dengan menyesal saya harus berkomentar “Wah payah benar situs kpu.go.id dan situs pemiluindonesia.com sampai pemilu tinggal 7 hari lagi pun, tamu / netters yg datang ke situs tsb sulit sekali mencari informasi mengenai CARA MENCONTRENG yg BENAR”

    Ketiga, pendapat saya : situs ini dalam memberitahu cara mencontreng yg benar jangan hanya mengandalkan gambar “poster” di atas, (apa-apaan itu ?? gak jelas, miring, gak kebaca dan tidak bertanggal). Mohon perhatiannya webmaster, gambar di atas itu sangat tidak cukup.
    Sudah seharusnya situs ini menyediakan portal yg berisi content yg dapat diunduh, misalnya dalam DOC atau PDF atau PPT (yg office 2003 supaya lebih umum) atau video dlsb, mengenai cara mencontreng yg benar.

    terimakasih. mohon jadi perhatian webmaster nya

  7. pemiluindonesia.com April 2, 2009 at 5:05 pm

    YTH

    Terima Kasih masukan pak igor, untuk mendownload informasi dalambentuk video, image, maupun pdf, bapak bisa download melalui http://download.pemiluindonesia.com

    Sekedar informasi saja bahwa pemiluindonesia.com bukan KPU maupun instansi pemerintahan, pemiluindonesia.com adalah murni independent dan hanya membantu sosialisai pemilu melalui dunia internet

    Terima kasih

  8. Muhammad Tahir April 4, 2009 at 9:18 am

    Yth, Webmaster
    Saya seorang ketua KPPS, pernah mempertanyakan kepada salah satu anggota KPU daerah Bone tentang pasal 50 peraturan KPU no. 3 tahun 2009 tentang salinan berita acara dan sertifikat pemilu disitu disebutkan bisa difoto kopi sementara jawaban anggota kpu dikatakan tidak boleh, padahal setahu saya anggota kpu adalah pelaksana peraturan perundangan yang berlaku dalam pemilu, sedabgkan aturan bisa di fotokopi salinan berita acara dan sertifikat pemilu itu ada dalam peraturan kpu no. 3 tahun 2009, seandainya ini tidak bisa, tentu sudah dihilangkan pasal tersebut ketika keluar peraturan no. 13 tahun 2009 tentang revisi peraturan kpu no. 3 tahun 2009. mohin penjelasan

  9. Muhammad Tahir April 4, 2009 at 9:23 am

    Bagaimana mungkin sosialisasi Pemilu dapat berjalan lancar, sedangkan sampai sekarang anggota KKPS sendiri yang akan bekerja dilapangan masih kebingungan sedangkan buku pintar KPPS dan video KPPS sampai sekarang belum dibagikan, atau jangan2 nanti dibagikan setelah Pemilu ya,,,

  10. tri marjoko April 4, 2009 at 3:05 pm

    pemilu skrng sosialisasinya kurang gencar karena saya tanya keada masyarakat pada binggung,sayang kan suara mereka kalau mereka salah waktu menyontreng ..

  11. Supangat April 8, 2009 at 11:22 am

    Sayang, bahwa sosialisasi untuk “contreng” pemilu kurang dilakukan oleh KPU
    Yang sangat dikawatirkan adalah jika pemilihnya buta huruf.
    Di daerah seperti di Papua, banyak sekali masyarakat tidak tahu baca dan tulis.
    saya tidak bisa memprediksi sama sekali apa yang akan terjadi. karena banyak caleg, banyak partai dan semua tidak pakai foto tapi cuma nama caleg. Kalau pemilih buta huruf?
    Mudah-mudahan mereka dapat wangsit saat mau “contreng” sehingga dapat melakukan dengan benar.

  12. Maria Lidwina Lela Marlina April 8, 2009 at 7:37 pm

    Pemilu sekarang rentan golput ,karena kurangnya sosialisasi dan terlambatnya formulir C4 dibagikan kepada pemilih , saya saja terima formulir C4 hari rabu satu hari sebelum pemilu , kalau sampai rabu sore saya tidak terima formulir C4 say sudah yakin untuk golput aja , saran saya : KPU sebaiknya berkolaborasi dengan Pemda setempat untuk :
    * pembuatan kartu pemilih dibuat seperti KTP sesuai alamat DPT jadi tidak bisa didoble ,diwilayah lain dan diterbitkan dgn masa berlaku seperti KTP ( lima tahun sekali -Habis masa berlaku ) Formulir C4 jangan kertas selembaran.rawan rusak dan digandakan .
    * menghindari data siluman ,bagi pemilih yg sudah meninggal berarti kan tidak punya KTP ,otomatis juga tidak punya hak suara.
    * mengurangi anggaran negara untuk cetak surat suara , bayangkan dana yang bisa dihemat setiap lima tahunan pesta demokrasi , mendingan beli mesin penambah daya listrik agar tidak byar pet , atau biaya pembangunan sekolah ditempat terpencil .
    *Kartu pemilih dan KTP dicetak satu kartu ( bolak balik ) bagian depan KTP bagian belakan sebagai DPT , saat mau pemilu (pendataan DPT ,maka pemilih diwajibkan menyerahkan foto copy KTP dan DPT. tsb ,dikumpulkan melalui RT/RW /keluarahn /kecamatan hingga kota -daerah -hingga propinsi
    * apabila masa berlaku pemilih habis maka wajib diperpanjang dikelurahan setempat .demikian juga bila hilang maka wajib melaporkan kekepolisian untuk menerbitkan KTP dan DPT tersebut .
    * dengan cara seperti ini pendatang kuar pulau hingga WNA dapat terdata dengan jelas .
    mudahan saran ini menjadi pertimbangan , supaya keuangan negara dapat tersalurkan untuk hal hal yg lebih penting dan terpenting ,jangan hamburkan uang rakyat hanya untuk kepentingan kalangan , krisis masih membelenggu rakyat indonesia, sebainya kita mengencangkan ikat pinggang , msh banyak rakyat menderita , termasuk saya , doa saya semoga terpilih pemimpin yang ikhlas dunia akhirat ,jangan samapi kita kehabisan modal hingga akhirnya menggadaikan – menjual negeri indonesia tercinta ini pada pihak asing

  13. rudy April 8, 2009 at 10:08 pm

    ada gambar contoh mencontreng gak???
    didaerah saya masih bnyak yang bingung tolong blsanya secepatnya

  14. pemiluindonesia.com April 9, 2009 at 1:44 am

    YTH rudy

    SIlahkan baak download file Buku Panduan Suara Sah dan Tidak Sah Pemilu 2009
    dalam bentuk pdf melalui link berikut :

    http://www.pemiluindonesia.com/pemilu-2009/buku-panduan-suara-sah-dan-tidak-sah-pemilu-2009.html

    Terima kasih

  15. Taryo HA April 9, 2009 at 7:47 am

    BANYAK PARTAI, BANYAK KEPENTINGAN, MENURUT HEMAT SAYA PEMILU YANG AKAN DATANG HARUS ADA PENYEDERHANAAN PARTAI, TIDAK SEPERTI SEKARANG, DEMOKRASI SIH DEMOKRASI, TAPI KALAU KITA BERPIKIR LOGIS DAN DEMI KEPENTINGAN RAKYAT INDONESIA TERCINTA INI, MENGAPA KITA HARUS RAMAI-RAMAI BIKIN PARTAI BARU, BUKANKAH AMANAH SUMPAH PEMUDA DAN SUMPAH PALAPA INGIN MENJADIKAN INDONESIA SATU? KE DEPAN HENDAKLAH PARA PETINGGI PARTAI BERPIKIR POSOTIP DEMI KEMAJUAN BANGSA TERCINTA, SAAT INI PUN KITA SAKSIKAN ADA BEBERAPA KETUA PARTAI SALING GESEK, DAN GOSOK, BERPIKIRLAH DENGAN JERNIH, PEMILU INI MERUPAKAN HAJAT NASIONAL YANG HARUS DIPERTANGGUNGJAWABKAN, TERLEBIH DI MATA ALLAH SWT, SAYA YAKIN DAN PERCAYA SEBAGAI BANGSA YANG BESAR TENTU SELALU MENDUKUNG PROSES INTEGRASI SELURUH KALANGAN ANAK BANGSA UNTUK BERSAMA MEMAJUKAN NEGERI TERCINTA “INDONESIA” . KALAH DAN MENANG ADALAH SOAL BIASA DALAM BERDEMOKRASI, CIPTAKAN NUANSA KETENANGAN ANTAR SIMPATISAN, HAL INI BISA DILAKUKAN KALAU SAJA PARA PETINGGI PARTAI MAMPU BERBUAT UNTUK MENCIPTAKAN NEGERI INI MENJADI LEBIH BAIK DARI NEGERI LAIN. KITA HARUS BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA YANG DUKARUNIAI BERBAGAI AGAMA, SUKU DAN KEBUDAYAAN. KALAU KITA BERSEMANGAT UNTUK MENONJOLKAN KESUKUAN DAN KEPENTINGANH KITA MASING-MASING MAKA KITA SUDAH JAUH MUNDUR SEBELUM TERJADINYA PERISTIWA SUMPAH PEMUDA. BANGKITLAH INDONESIAKU, PERBEDAAN BUKANLAH SEBAGAI PENGHALANG UNTUK KITA BERSATU, PERBEDAAN ADALAH ANUGRAH YANG PATUT KITA SYUKURI, SEBAGAI BANGSA YANG MENJUNJUNG TINGGI NILAI – NILAI KEBANGSAAN, MARI KITA WUJUDKAN KEDAMAIAN DI NEGERI KITA TERCINTA. JADIKAN PEMILU SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA. PEMILU YANG JUJUR, ADIL, BEBAS, RAHASIA AKAN MENCIPTAKAN KEDAMAIAN BAGI KITA SEMUA. MARI KITA BERPIKIR POSITIP UNTUK MENINGKATKAN MARTABAT NEGERI KITA TERCINTA DI MATA DUNIA. SEMOGA INDONESIAKU TETAP AMAN, DAMAI, SEJAHTERA UNTUK SELAMA-LAMANYA.

  16. raditia April 9, 2009 at 8:50 am

    haha…….
    Good Luck Pemilu 2009!!!!!
    sapa aja yang menang yang penting bertujauan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia!!!

  17. raditia April 9, 2009 at 8:57 am

    Mengapa mempermasalahkan cara mencontreng?? Sebagai warga negara yang di landaskan oleh Pancasila dan di dukung kemajuan teknologi infomasi dan komunikasi, hendaknya tanpa sosialisasi PEMILU kita tau caranya MENCONTRENG!!!!
    haha

  18. Maria Lidwina Lela Marlina April 10, 2009 at 9:31 pm

    Yth KPU
    selamat atas pelaksanaan pesta demokrasi ,lancar namun kurang sukses.
    koq pada pemilu kali ini kayanya bangsa indonesia baru belajar melaksanakan pemilu ya ? banyak yg golput karena
    - tidak dpt undangan (form C4 )
    - jam yg terbatas ,contreng diatas jam 12 siang ditolak .
    - partainya & calegnya ……. wow ! kaya ajang indonesian Idol .
    - apa karena jumlah DPT siluman udah over qouta ( jd so what ,gitu lho ! meskipun banyak yg golput )
    – DPT anak bangsa indonesia pd kehilangan hak pilih ,apa udh dipilih oleh DPT negeri siluman .
    - masyarakat mash bingung dg cara yg baru ini ,
    - buat caleg yg nggak kepilih, mungkin bisa ikutan cover boy / cover girl ,sayangkan 90 hari udh nampang dijalan jalan .

    ada lagu plesetan nih buat pak / bu di KPU ( nyanyi,in yg merdu ya ! )

    lima tahun lagi ,aku disini tanpa suara
    dan aku resah harus mengantri lama
    contreng pemilu…..

    cukup contreng saja nggak usah coblos
    itu caranya ………
    tetapi sayang , kasih waktunya sampai jam duablassss saja….

    hingga akhir waktu
    aku putuskan ……..
    tuk” golput aja
    daripada ………….harus menunggu lama….
    kartu pemilu ……

    selamat atas terlaksananya pesta demokrasi rakyat 2009

    salam damai indonesiaku jayalah selalu

  19. heni rochani April 30, 2009 at 10:45 am

    adanya cara pemilu tahun 2009 ini sangat merugikan dan membingungkan rakyat.
    sebenarnya ide dari sapa cih pemilu 2009 ini?
    dari cara mencontreng sampai pemilihan caleg

  20. Juliawan July 1, 2009 at 12:53 pm

    hmm saya akan menggunakan hak Pilih saya nanti hehe thanks atas informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone