Warga Keluhkan Kesulitan Cek DPS Pilpres

Warga Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) mengeluhkan belum bisa mengecek namanya di Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilu presiden karena KPU setempat belum mengumumkan DPS hasil pemutakhiran.

Saya ingin mengecek nama saya apakah masuk dalam DPS untuk pemilu presiden atau tidak, tapi tidak bisa karena KPU Halsel belum mengumumkan DPS hasil pemutahiran,” kata seorang warga di Labuha, Halsel, Salmin ketika di hubungi dari Ternate, Kamis (14/5).

KPU Halsel seharusnya sudah mengumumkan DPS pemilu presiden hasil pemutakhiran tersebut di setiap kantor kelurahan/desa sejak 11 Mei sampai 17 Mei agar warga setempat dapat mengetahui apakah sudah masuk dalam DPS atau belum.

Salmin yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang sembako mengaku pada pemilu legislatif 9 April, ia dan istri serta kedua anaknya tidak bisa mengunakan hak pilih karena tidak masuk dalam DPT.

Namun seminggu setelah pemilu legislatif tersebut, dia telah melapor ke kantor kelurahan setempat agar dimasukkan dalam DPS pemilu presiden. Dia sudah mengeceknya ulang ke kelurahan tapi DPS dari KPU belum diumumkan di kelurahan.

Pihak KPU Halsel ketika di hubungi membenarkan belum mengumumkan DPS hasil pemutahiran unutk pemilu presiden di setiap kelurahan/desa karena data DPS hasil pemutakhiran belum disetor oleh Pemkab Halsel ke KPU.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Catatan Sipil Halsel Ahmad Hadi mengatakan, pihaknya belum menyerahkan DPS hasil pemutakhiran ke KPU setempat karena belum semua kecamatan di Halsel menyerahkan datanya.

Dari 30 kecamatan di kabupaten tersebut, baru enam kecamatan yang menyerahkan data DPS hasil pemutakhiran ke Dinas Sosial dan Catatan Sipil Halsel.

SUmber : kabarpemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone