Mega: Apa Kehidupan Lebih Baik Dibandingkan Saya Jadi Presiden?

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri

Dalam orasi politik pada kampanye di Lapangan Baruna Ria, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, capres Megawati Soekarnoputri mengkaji capaiannya semasa menjadi presiden dibandingkan pemerintahan SBY saat ini. Mega yang pernah menjabat presiden kelima pada 2001-2004 pun mengajukan sejumlah pertanyaan kepada ribuan massa yang memenuhi lapangan.

Waktu saya sangat tanggung saat menjadi presiden, hanya 2,5 tahun. Namun, pada (pemilu) 2004, rakyat tidak memilih saya tapi orang lain. Selama lima tahun ini, apakah kehidupan tambah baik dibandingkan ketika saya jadi presiden?,” tanya Mega kepada pendukungnya sembari dijawab “Tidak” oleh massa kampanye.

“Saya tahu, harga sekarang melambung tinggi. Minyak tanah kadang-kadang malah tidak ada,” ujar Mega.

Ia juga mengatakan, bersama Prabowo, mereka merupakan satu-satunya pasangan yang berani membuat kontrak politik dengan berbagai kalangan. Kontrak politik itu, dikatakannya, akan menjadi acuan untuk membuat program-program ekonomi kerakyatan yang diusungnya.

“Contohnya, kontrak politik untuk kaum buruh. Kami merevisi UU Ketenagakerjaan mengenai outsourcing, kontrak lepas agar buruh mendapat kehidupan yang lebih layak,” ujar putri prolamator Soekarno ini.

Untuk petani, ia menjanjikan akan meneruskan subsidi pupuk dan menjamin distribusi berjalan lancar. “Bagi nelayan, agar mendapat solar yang murah, saya akan meneruskan program saya dengan membuat 160 titik mini pompa bensin yang dekat dengan nelayan melaut sehingga tidak perlu mencari solar jauh ke depo,” tutur Mega.

Selepas berkampanye di Lapangan Baruna Ria, Mega melanjutkan kampanyenya di Batu Putu, Bandar Lampung. Di sana, ia akan menghadiri pengobatan gratis dan dialog bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kepala desa di sekitar lokasi.

Sumber : KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary

25 Responses to Mega: Apa Kehidupan Lebih Baik Dibandingkan Saya Jadi Presiden?

  1. Barong landung June 30, 2009 at 12:09 pm

    Bu Mega, setelah bangsa kita lepas dari kepemimpinan bung Karno, kehidupan bangsaku rakyat kecil makin tersingkir, tertindas, digusur-gusur, dijual keluar negri sebagai budak, dan lain-lain penderitaan sampai sekarang tidak ada perubahan.

  2. rakyat aja June 30, 2009 at 2:05 pm

    Lah Bu Mega jadi Presiden 2,5 th aja udah banyak aset negara yg terjual (ingat tanker …) … gimana kalo lebih lama? … Mungkin sekarang belum bisa menjadi sangat baik, meskipun sejujurnya udah lebih baik … tapi bisa jadi lebih buruk kalo … maaf Bu Mega jadi Presiden lagi …

  3. Rosana June 30, 2009 at 2:29 pm

    Lebih baik Sby Boediono, Bu………

  4. Sri Rahayu June 30, 2009 at 2:36 pm

    Ibu Mega menjabat Presiden selama 2,5 tahun …..maaf yah yang meningkat adalah Korupsi , Perjudian Kasino & Toto Gelap , illegal logging , narkoba , premanisme merajalela.

  5. Nero June 30, 2009 at 3:05 pm

    “Waktu saya sangat tanggung saat menjadi presiden, hanya 2,5 tahun. Namun, pada (pemilu) 2004, rakyat tidak memilih saya tapi orang lain. Selama lima tahun ini, apakah kehidupan tambah baik dibandingkan ketika saya jadi presiden?,” tanya Mega
    Jawaban (jujur): “ALHAMDULILLAH TAMBAH BAIK”
    “LANJUTKAN!!!!”

  6. inggri June 30, 2009 at 5:21 pm

    Sudah jelas gagal koq, masih berani nanya begitu. Maaf Bu Mega, Jelas lebih baik sekarang donk. Faktanya tdk bisa terbantahkan. Jadi LANJUTKAN SBY !!!!.

  7. d2 June 30, 2009 at 5:44 pm

    pertanyaan yg benar2 bodoh……..Selama lima tahun ini, apakah kehidupan tambah baik dibandingkan ketika saya jadi presiden ? …..TERIMA KASIH PAK SBY….LANJUTKAN

  8. adri June 30, 2009 at 9:22 pm

    haha kontrak politik.. mau ngeboongin rakyat lagi bu?? emang kalo ga tercapai bisa dibawa ke hukum gak?? udah ada hukumnya belum bu?? mau dipenjara ga bu ama pak prabowo kalo ga tercapai?? paling2 ngeles lagi ntar…

  9. Agung June 30, 2009 at 10:51 pm

    Saya termasuk salah satu yang beruntung, , maka bisa katakan kehidupan sekarang lebih baik.

  10. KONTRA SBY July 1, 2009 at 9:10 am

    Buat anda2 yang mengutarakan pendapat diatas..mungkin anda semua tertutup matanya atau tertutup mata batinnya, anda semua jelas tidak paham situasi dan kondisi waktu Bu Mega menjabat sebagai Presiden. Sedikit saya jabarkan yah :
    1. Bu Mega menjabat sebagai Presiden karena sidang istimewa => artinya beliau mengambil alih kepemimpinan dari Presiden yang lama yaitu Gus Dur yang mana pemerintahan waktu beliau pegang tidak memperoleh kepercayaan dari parlemen (yg notabene adalah wakil dari rakyat)
    2. Pada masa pemerintahan Gus Dur – Mega, tatanan ekonomi, politik, sosial, dan hukum kita sedang amburadul dan hancur lebur dikarenakan krisis moneter yang melanda begitu hebatnya dan membuat pondasi bangsa ini menjadi ambruk. Dan menjadi tangung jawab pemerintah waktu itu untuk membangun kembali pondasi yang sebelumnya telah hancur. (Disinilah Bu Mega memiliki peranan yang signifikan dalam pengambil alihan kekuasaan waktu itu).
    3. Mengenai Aset negara yang dijual (” pernyataan rakyat aja “), MOHON DIINGAT DAN DICATAT, ketika krisis melanda Bu Mega harus dihadapkan masalah BPPN yang menghadang. Tp dengan ketegasan dan tim ekonomi yang baik akhirnya masalah BPPN dapat diselesaikan dalam waktu 1 bulan (tidak ada pemerintah yang dapat melakukan hal seperti ini) meskipun memang beberapa aset BPPN yang terpaksa dijual tp ini mengingat karena hutang negara waktu itu sudah segunung (peninggalan Pak Harto), tingkat inflasi yang begtu tingginya, defisit anggaran karena terkena imbas inflasi dan nilai mata uang yang anjlok dan BUMN2 yang pada waktu itu sudah dalam keadaan sekarat dimana pemerintah sudah tidak memiliki budget untuk menutupi hutang2 tersebut.
    Dan kalo mau dicompare dengan pemerintah sekarang, sudah berapa aset negara yang dijual??? cb anda cari sendiri datanya !! Berapa hutang negara kita sekarang???(yg katanya negara kita sekarang sudah bebas hutang => BOHONG BESAR !!) Berapa tingkat kemiskinan sekarang ??? Berapa tingkat pengangguran sekarang??? harap diingat krisis global yang melanda sekarang tidaklah sehebat ketika krisis moneter saat itu dimana sektor moneter dan riil terkena dari imbasnya, sedangkan sekarang lebih banyak mengahantam dari sisi bursa dan perdagangan.
    4. Mengenai komentar Sri Rahayu…waduh..anda dapat data itu dari mana yah?? mungkin saya segarkan ingatan anda sedikit. Ingat ga waktu itu Menkopolkamnya siapa???silahkan anda cari tahu sendiri. Dan siapa yang mengundurkan diri waktu itu?? (entah merasa gagal atau takut kena omel terus dari pimpinan)=>jelas orang yg tidak bertanggungjawab !!
    Ingat KPK dibentuk pada pemerintah siapa?? ingat UU ilegal logging diperbaharui pada pemerintah siapa??? ingat siapa yang memperbaharui UU Kepolisian mengingat waktu itu TNI dan Polri dipisah ?? Masalah narkoba dan perjudian,,apakah dipemerintah sekarang sudah menurun?? cb silahkan cari datanya di website kepolisian yang dapat diakses setiap saat.
    5. kesimpulan : bagi anda2 yang merasa SBY paling baik dari masa lalu, mungkin hidup anda telah berkecukupan, mungkin mata dan nurani anda telah tertutup, saya tidak bilang bahwa pemerintah yg akan datang apabila dipimpin Mega-Prabowo akan menjadi lebih baik..saya tidak mau takabur,tidak seperti calon Presiden yang anda2 banggakan yang begtu takaburnya hingga berkesan mendiskreditkan calon pasangan yg lain sampai mengeluarkan iklan satu putaran=>yg bagi saya sungguh2 suatu sikap kearogansian dan keangkuhan dan berpotensi merusak tatanan demokrasi. (Inikah yang disebut muslim yang taat dan santun???). Dan INGAT kalo anda menonton Debat Cawapres Selasa malam kemarin…ada pernyataan dari Bpk. Fuad Bawazir yang menyatakan bahwa SBY pernah menandatangani sebuah perjanjian diatas kertas yang mana beliau berjanji kalau target2 beliau selama 5 tahun kepemimpinannya akan tercapai…TETAPI NYATANYA SEMUANYA GAGAL TOTAL !!!!! dari mulai tingkat kemiskinan, pengangguran, inflasi, hutang negara, dll yang mana saya malu menyebutkannya.
    JADI APAKAH ANDA MASIH PUNYA KEARIFAN DAN HATI NURANI UNTUK BILANG BAHWA PEMERINTAH SEKARANG LEBIH BAIK??? Saya siap untuk beradu argumentasi kapanpun!!!!

  11. randy July 1, 2009 at 2:52 pm

    Kok bu Mega nggak konsisten?
    Bu Mega mau menghapus outsourcing, padahal outsourcing di-undangkan di tahun 2003 (UU 13/2003) dan peraturan pelaksanaan perijinannya dikeluarkan di tahun 2004 (Kep.101/MEN/VI/2004) saat yang menjadi Mentri adalah Jacob Nua Wea dan presidennya bu Mega sendiri.
    Trus sekarang mau menghapus outsorcing yang dulu ibu legalisir sendiri. Maunya gimana sih?

  12. d2 July 1, 2009 at 8:40 pm

    +an bwt komen bang randy, si jacob nua wea org/ anggota pdip.

  13. d2 July 1, 2009 at 10:13 pm

    para komentator yang kontra menunjukan cara berpikirnya hanya mengandalkan persaan tanpa akal

  14. Agung July 2, 2009 at 2:09 am

    Kepada Saudara KONTRA SBY, saya menanggapi demikian:
    Wong namanya wae komentar atau pendapat, ya ada yang pro dan ada juga yang kontra. Di alam Demokrasi ini, kita bebas mengeluarkan pendapat, kan?–meski dalam hati saya nggak setuju, dengan pendapat yang sifatnya mendiskreditkan dan apalagi menghujat. Dan nggak perlu ngotot alias ‘methentheng’ gitulah. Emangnya mau dapat apa? Kalau di tanya, saya ya pendukung SBY. Tapi dalam pilpres nanti, kalau ternyata bukan SBY yang terpilih, saya ya no problem! Soalnya, siapa pun yang akan terpilih, tetep saja saya harus bekerja untuk merubah nasib sendiri.

  15. KONTRA SBY July 2, 2009 at 9:10 am

    Maaf untuk d2…disini saya berkomentar bukan pakai perasaan, memang Bu Mega siapa?? bukan Ibu saya, bukan tante saya, bukan saudara saya dan apalagi kenal dekat pun ngga…jd saya disini berkomentar murni dengan akal. Saya disini ingin memberikan sedikit pembelajaran bagi kita semua karena kita semua adalah bagian dari demokrasi. Berpendapat adalah hak setiap orang, beragumentasi jg merupakan hak setiap orang. Sebagai bagian dari masyarakat yang “KONTRA ” akan kepemimpinan sekarang tp tidak “KONTRA” terhadap rakyat, saya punya hak untuk menanggapi apa yang menjadi keyakinan saya., begtu jg dengan masyarakat yg “PRO” dengan pemerintah sekarang tp tdk “PRO” terhadap rakyat selama apa yng saya tanggapi bukan FITNAH. Jd tolong anda baca dan anda bedakan…mana pendapat yang menggunakan perasaan dengan yang memakai akal. Termasuk komentar anda pun saya bisa nilai..anda mungkin orang yang terlampau fanatisme (sangat berperasaan), karena komentar anda sangat bias. Saya tidak fanatik terhadap Mega dan saya jg bukan fans dari JK tp yng jelas saya KONTRA dengan SBY. ” LEBIH CEPAT DAN LEBIH BAIK UNTUK TIDAK MELANJUTKAN PEMERINTAH YANG TIDAK PRO RAKYAT “

  16. KONTRA SBY July 2, 2009 at 9:49 am

    Untuk menjawab masalah UU Tenaga Kerja mengenai Outsourcing, memang Jacob Nuwaea adalah fungsionaris dari Partai PDIP, tapi perlu dicatat bahwa membuat UU itu adalah produk dari Lembaga Legislatif yaitu DPR, jd tidak semata-mata karena waktu itu pemerintahannya dipegang oleh Megawati seakan-akan adalah produk dari pemerintah. Dari sini saja pengetahuan anda tentang Tata Negara saja sudah salah (mungkin SMAnya banyak bolos waktu pelajaran ini yah). Jd disini banyak pihak yang berperan serta dalam membuat UU TK ini dan tidak hanya menuding salah satu parpol saja (banyak kepentingan yang berperan)….dan perlu diingat UU ini pun dibuat pasti memiliki tujuan dan alasan yang jelas., UU ini terbentuk karena akses dari krisis moneter yang melanda waktu itu..banyak perusahaan gulung tikar, dan banyak pula perusahaan yang operasionalnya kembang kempis. Jd agar perusahaan dapat lebih efektif dan efisien dalam perihal kegiatan operasional termasuk didalamnya perekrutan SDM dan jg untuk menjamin tenaga kerja agar tidak banyak lagi yang di PHK maka waktu itu dengan pertimbangan demikian dibuatlah produk UU tersebut. Jd pemerintah itu bertugas untuk menjalani UU yang ada…pemerintah tidak pernah membuat UU, pemerintah hanya membuat PP, Perpu, Keppres, Inpres, Kepmen dan sebagainya tp TIDAK PERNAH MEMBUAT UU. Jd tolong sebelum berkomentar dibaca lagi buku pelajarannya. Saya termasuk orang yang KONTRA terhadap pemberlakuan outsourcing, jd kalau anda nilai Bu Mega tidak konsisten..anda salah besar, dengan berjanji untuk mengahpus outsourcing ini inilah salah satu konsistensi Bu Mega dalam program2nya yang PRO RAKYAT…dan patut diacungi jempol karena beliau mengakui kekurangan dari produk UU ini (tidak seperti pemerintah sekarang yang bisanya hanya bicara soal keberhasilan saja tp tidak mau mengakui kegagalannya). Apakah pemerintah sekarang sudah berperan banyak untuk masalah tenaga kerja? apakah pemerintah sekarang berbuat sesuatu tentang UU TK No. 13 tersebut? apakah pemerintah sekarang membekukan sistem outsourcing terhadap TK? Apakah pemerintah sekarang sudah memberikan keadilan bagi TK? Silahkan anda jawab dan saya kan senang utk menanggapinya.

  17. Rakyat Jelata July 2, 2009 at 11:06 am

    Semua capres-cawapres memiliki kelebihan dan kekurangan.
    Dan proses restrukturisasi segala aspek kehidupan bangsa ini juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Maka pilihlah dengan akal sehat. Memikirkan masa depan bangsa, jauh lebih penting daripada menimbang-nimbang kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan.
    Jadi, pilihlah capres dan cawapres yang arah kebijakannya memikirkan pemulihan di masa kini dan perencanaan yang lebih baik untuk masa depan bangsa ini.

  18. Anti JK @ Mega July 2, 2009 at 1:48 pm

    satu kata, LANJUTKAN!!!!!!……………………….

  19. PRO SBY July 2, 2009 at 1:52 pm

    Udahlah, kami muak dengan janji2 muluk, janji2 yg mengindikasikan bahwa mereka sudah tau tidak mungkin menang dalam pilpres, muak!!!!
    LANJUTKAN! SBY!

  20. ekap July 2, 2009 at 2:10 pm

    Buat Anti JK@Mega…mo lanjutkan apaan?? kalo mau komentar selesaikan dulu donk…apa mo lanjutkan kegagalan?? mo lanjutkan keterpurukan?? mo lanjutkan pembodohan masyarakat?? mo lanjutkan sistem ekonomi yang kapitalis liberal?? mo lanjutkan pinjaman hutang yang terus menggunung??…mo lanjutkan apaan nih?? oh..mungkin LANJUTKAN………Pemerintah SBY (Selama Bukan Yudhoyono)

  21. KONTRA SBY July 2, 2009 at 2:15 pm

    Wah…bener tuh buat Ekap. Ayo kita dukung Pemerintah SBY (Setuju Bukan Yudhoyono). HIDUP MEGA & JK…Lebih Cepat dan Lebih Baik Mendukung Pro Rakyat !!!!!!

  22. KONTRA SBY July 2, 2009 at 2:20 pm

    Buat Ati JK@Mega….Lanjutkan apaan nih??? Kalau komentar yang lengkap donk. Apa Lanjutkan Kegagalan?? Lanjutkan Keterpurukan?? Lanjutkan Pengangguran Yang Tinggi?? Lanjutkan Pinjaman Hutang Yang Sudah Menggunung?? Lanjutkan Sistem Ekonomi Yang Kapitalis Liberal?? Lanjutkan Kebohongan Publik?? Yang mana nih….Oh, mungkin LANJUTKAN…..Pemerintah SBY (Selama Bukan Yudhoyono).
    HIDUP JK@MEGA……….LEBIH CEPAT DAN LEBIH BAIK MENDUKUNG PRO RAKYAT !!!!!

  23. adri July 2, 2009 at 6:59 pm

    Gaji guru negeri, bisa sampai 3 juta… terus SPP gratis adalah suatu fakta.. saya bangga dengan SBY yang berdedikasi menumpas para koruptor tanpa pandang bulu.. jaman Mega tidak ada yang bisa dibanggakan…..!!!! Cap negara teroris bikin kita malu… malu bu,………… maluuuuuuuu………

  24. Albarq July 6, 2009 at 1:05 pm

    Lha katanya pro rakyat… kehidupan glamor penuh kekayaan….
    Berjoget gembira sementara rakyat kecil merintih menderita….
    Berjuang untuk rakyat atau keluarga…kok kekayaan nambahnya banyak banget, banyak shodaqoh Bu ke rakyat miskin… harta 100 milyar udah cukup jangan dinaikin sampai 200 milyar…kalau ada rejeki tambahan buat rakyat kecil aja…
    Prabowo hidup di rumah mewah puluhan hektar…naik kuda persia seharga Ferrari…duit 1,7 triliun siap dihamburkan….mau membela rakyat kecil yang hidup di kolong jembatan…siapa mau percaya..??
    Kalau JK sih gua masih agak percaya, meskipun dia pebisnis yang berpotensi memanfaatkan kekuasaan….umurnya juga sudah cukup tua untuk neko-neko lagi…
    Tapi lebih baik sesuai janjinya, JK pulang kampung ngurusin mesjid dan masyarakat, menjadi duta perdamaian dan kerukunan rakyat Indonesia…
    Wiranto tampak terlalu licik dalam bermanuver politik apalagi di belakangnya ada Fuad Bawazir mantan bos gue yang super licik dan tidak pernah punya hasil bagus saat menjabat…
    Jadi tidak ada pilihan lain…. Lanjutkan!!!

  25. Pro Mega July 6, 2009 at 1:17 pm

    Tapi kalau mau belajar sama Mega Pro bagaimana cara meningkatkan harta kekayaan sedemikian dahsyatnya dalam waktu singkat…menaikkan 100M menjadi 200M, meningkatkan 10M menjadi 1,7T akan sangat bagus bila kita pilih Mega-Pro.
    Nanti dijamin rakyat bebas dari kemiskinan karena setiap orang bisa punya kekayaan 1 trilyun dalam waktu 5 tahun saja. Indonesia akan makmur karena dalam tahun 2014 akan muncul prabowo-prabowo baru triliuner pro rakyat….
    Ngimpi kali yeeeeee….yang ada mah Mega jadi 1T prabowo jadi 5T, tukang becak…ya tetep aje…simeleke T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone