KPU Ubah Daftar Pemilih Tetap

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum kembali mengubah daftar pemilih tetap. Berdasarkan Surat Keputusan No 316/Kpts/KPU/Tahun 2009 tertanggal 8 Juni disebutkan, jumlah pemilih sebanyak 176.395.015 orang. Sedangkan dalam daftar pemilih yang diumumkan Komisi Pemilihan pada 31 Mei lalu, jumlah pemilih sebanyak 176.367.056 orang.

Ketua Komisi Pemilihan, Abdul Hafiz Anshary, mengakui terjadi pertambahan jumlah pemilih. Penambahan ini berdasarkan laporan dari Komisi Pemilihan di kabupaten/kota yang memperoleh rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum. “Terjadi pertambahan sekitar 25 ribu pemilih,” kata Hafiz di kantornya, Jakarta, Kamis (25/6).

Dalam surat keputusan itu, tak ada perbedaan jumlah pemilih di luar negeri. Pemilih di luar negeri tetap sebanyak 1.133.738 orang. Sedangkan pemilih di dalam negeri yang semula 175.233.318 berubah menjadi 175.261.277 orang.

Keputusan ini, kata Hafiz, bersifat final. Komisi tak akan mengubah lagi daftar pemilih tetap meskipun ada rekomendasi dari Panitia Pengawas. Tapi, Komisi pusat meminta Komisi di daerah mencermati lagi daftar pemilih tetap. Jika ditemukan nama ganda, petugas di daerah harus mencoret nama tersebut dan diumumkan saat pemungutan suara 8 Juli. Begitu juga dengan temuan adanya nama anggota Kepolisian atau TNI, dan warga yang berusia di bawah 17 tahun tapi belum menikah.

Hafiz mengatakan akan mengunjungi Jawa Timur untuk memeriksa daftar pemilih tetap. Pasalnya, sejumlah pihak melaporkan ada sekitar 2,1 juta pemilih fiktif yang masuk daftar pemilih tetap. “Saya akan meminta penjelasan resmi dari Komisi provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan, Suripto Bambang Setyadi, mengatakan penambahan jumlah daftar pemilh tetap tak berpengaruh terlalu besar untuk mengadakan surat suara pemilihan presiden. Komisi masih memiliki dana cukup untuk mengadakan surat suara. ““Pencetakan surat suara paling hanya butuh satu hari. Tapi distribusinya butuh waktu lama dan biaya agak mahal,” ujarnya.

Tim kampanye nasional pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto meminta Komisi Pemilihan mendesak Komisi di daerah supaya memberikan daftar pemilih tetap. Penghubung tim kampanye nasional dengan Komisi Pemilihan, Arif Wibowo, mengatakan pihaknya akan mencermati daftar pemilih tetap untuk melihat kemungkinan pemilih fiktif. “Masalahnya, sampai saat ini susah sekali meminta daftar pemilih dari Komisi kabupaten/kota. Kami baru mendapat daftar pemilih di 20 kabupaten,” katanya.

Tapi, anggota Komisi Pemilihan, Endang Sulastri, mengatakan Komisi pusat telah mengirimkan surat edaran ke Komisi kabupaten/kota supaya menyerahkan daftar pemilih ke tim kampanye tiap pasangan calon. “Memberikan daftar itu wajib hukumnya. Komisi di daerah tak boleh menolak,” ujarnya.

Sumber : PRAMONO tempointeraktif

5 Responses to KPU Ubah Daftar Pemilih Tetap

  1. Botakben June 26, 2009 at 1:38 pm

    Saya minta tolong KPU bekerja extra giat dan lebih teliti.
    Demokrasi di negara kita sudah berjalan baik , Jadikanlah Pemilu Pilpres di negara kita menjadi Pemilu Pilpres Tauladan.

  2. Eg Gigo June 26, 2009 at 4:02 pm

    Sosialisasi KPU dah OK, tapi kenapa ya, masih ada aja yang gak kedaftar…
    Sengaja mau bikin masalah kali ya???

  3. Satochid June 27, 2009 at 9:36 am

    Awas waktu tinggal beberapa hari lagi mas.
    PPK,PPS dan KPPK belum ditunjuk lho!
    Jangan main-main dengan waktu.
    Buat aturan yang paling bisa diterima semua pihak. Kami akan ikut membantu asal benar……………………………..

  4. Satochid June 27, 2009 at 9:38 am

    Yang ngak kedaftar ada beberapa macam alasannya:
    1. Mereka memang sengaja ngak mau mendaftarkan diri
    2. Didatangi ngak ada terus
    3. Masa bodoh jadi pemilih
    4 Orangnya konyol alias GOLPUT inginnya
    5. Masih banyak lagi.

  5. ludwig July 6, 2009 at 5:18 pm

    saya waktu pemilihan caleg tidak terdaftar di lokasi tempat tinggal saya,padahal sewaktu itu saya juga seorang caleng dari suatu partai ( yang syarat pada saat itu harus memiliki surat keterangan sebagai pemilih di daerah tempat tinggal yang di keluarkan oleh kelurahan setempat),pada saat itu saya agak kesel,entah besok saya sudah terdaftar atau tidak…sedangkan 5 tahun yang lalu saya terdaftar juga. Pd dasarnya saya antusias sekali untuk ikut pesta pemilihan Presiden ini karena saya mrasa rugi jika tidak ikut memilih n menentukan pemimpin negara Indonesia ini.
    Saya tinggal di rawamangun,kel.Jati, Taman berdikari sentosa RW 09,RT 01,Kec.pulogadung

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone