KPU Tetapkan Capres – Cawapres

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tiga pasang bakal calon presiden/wakil presiden menjadi calon presiden/wakil presiden (capres/cawapres) pada Pemilu Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) 2009.

Ketiga pasang capres/cawapres yang itu adalah, pasangan Jusuf Kalla-Wiranto, pasangan Megawati Soekarno Putri-Prabowo Subianto, dan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Lewat rapat pleno KPU, semua anggota KPU secara aklamasi menetapkan ketiga pasangan bakal calon menjadi capres/cawapres. “Tiga pasang calon inilah yang akan ikut serta dalam Pemilu Presiden 2009. Terhitung sejak dikeluarkannya penetapan ini, maka yang bersangkutan resmi manjadi capres/cawapres,” ujar Ketua KPU A. Hafiz Anshary pada konferensi pers di Media Center KPU, Jakarta (29/5). Hadir juga dalam konferensi pers anggota KPU Syamsul Bahri, Andi Nurpati, dan Endang Sulastri.

Hafiz mengemukakan, penetapan ini dilakukan setelah KPU melaksanakan proses verifikasi berkas-berkas persyaratan ketiga bakal capres/cawapres. “Alhamdulilah semua (pasangan calon) bisa memenuhi. Sehingga KPU bisa menetapkan hari ini,” kata Hafiz.

Setelah penetapan ini, lanjut Hafiz, semua ketentuan yang terkait Pilpres sudah berlaku untuk ketiga pasangan calon. “Terhitung sejak ditetapkan (hari ini), maka tidak boleh melakukan kegiatan-kegiatan yang bernuansa kampanye, termasuk Iklan-iklan di televisi yang bernuansa kampanye” ujar Hafiz.

Sesuai jadwal, KPU memulai masa kampanye pasangan capres/cawapres pada 2 Juni-4 Mei 2009 (Kampanye dalam  bentuk rapat umum baru dimulai tanggal 11 Juni 2009). Setelah penetapan calon, besok (30/5) KPU akan menggelar rapat pleno pengundian nomor urut capres/cawapres. Acara akan berlangsung di kantor KPU sekitar pukul 09.00 WIB.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone