Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia


Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia

Ketua Umum : EDI SUDRADJAT
Sekretaris Jendral : SAMUEL SAMSON

Kantor DPP
Alamat : Jl. Cilandak Raya KKO No. 32
Pasar Minggu
Jakarta Selatan
Telp     : 021- 7807653/021-7807656
Fax      : 021- 7807655/021-7807657

Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2009 : 7

Website : http://pkpi.org/

Visi

Membangun kehidupan rakyat, masyarakat, bangsa dan negara yang berkeadilan dan bersatu dalam suatu kesatuan makna dan napas perjuangan dengan menjunjung tinggi supremasi hukum.

Misi

Mewujudkan masyarakat kewargaan (civil society) yang berkeadilan, bersatu, dan berkesejahteraan, mewujudkan pemerintahaan yang kuat, efektif, efisien, bersih, taat dan berwibawa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta mampu bersaing dan dihormati dalam pergaulan dunia.

Sejarah Kelahiran PKPI

PADA tahun 1998,  masa reformasi justru ditandai dengan krisis multi dimensi. Kondisi dalam negeri Indonesia dalam keadaan tidak menentu, masyarakat dilanda ketidakpercayaan terhadap pemerintah dan negara. Perekonomian yang terpuruk, kriminalitas yang tinggi,  dan korupsi yang merajalela telah membuat rakyat semakin menderita. Semua itu seakan sambung menyambung melemahkan sendi-sendi persatuan dan kesatuan bangsa. Nasionalisme memudar, disintegrasi muncul di berbagai pelosok negeri. Keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia mulai terancam.

Kondisi Indonesia yang memprihatinkan tersebut telah mendesak sekelompok putra-putra bangsa untuk bertindak,  meluruskan  dan memperjuangkan terwujudnya cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 berdasarkan Pancasila, yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.  Kemudian mereka berkumpul, berdiskusi dan bertukar pikiran untuk menentukan langkah dan solusi yang tepat. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya mereka sepakat membentuk suatu gerakan moral yang dinamakan Gerakan Keadilan dan Persatuan Bangsa (GKPB).

Maka pada pertengahan tahun 1998 GKPB resmi didirikan. Gerakan ini dimotori oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Try Sutrisno, Tatto S. Pradjamanggala, Siswono Yudhohusodo, Sarwono Kusumaatmaja, Hayono Isman, Udju S. Dinata dan David Napitupulu. Kemudian GKPB disosialisasikan dan disebarluaskan ke seluruh penjuru tanah air. Dalam waktu yang relatif singkat GKPB telah tersebar dan dideklarasikan di sebagian besar wilayah Tanah Air Indonesia.

Dalam perjalanan selanjutnya, sesuai perkembangan politik tanah air yang membuka peluang berdirinya banyak partai politik (multi partai), sebagian dari para penggagas GKPB yaitu Try Sutrisno, Edi Sudradjat, Tatto S. Pradjamanggala dan Hayono Isman menganggap perlu membentuk suatu partai politik untuk menajamkan  perjuangan GKPB dalam  berpartisipasi menentukan arah kebijakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dengan mengikuti pemilihan umum 1999 yang saat itu akan segera digelar. Sementara pendiri GKPB  yang lain yaitu Siswono Yudhohusodo, David Navitupulu dan Sarwono Kusumaatmadja  melanjutkan perjuangan melalui GKPB, dengan tetap memberikan dukungan terhadap partai politik yang akan dibentuk.

Langkah berikutnya adalah menyusun Panitia Pembentukan Partai Politik yang diumumkan pada tanggal 15 Desember 1998 di Gedung Jakarta Design Center dengan ketua  Edi Sudradjat dan Sekretaris Tatto S. Pradjamanggala. Sebulan kemudian, diselenggarakan Deklarasi Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) pada tanggal 15 Januari 1999 di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta. PKP INDONESIA dipimpin oleh Ketua Umum Edi Sudradjat dan Sekretaris Jenderal Hayono Isman, dibantu Tatto S. Pradjamanggala, Suryadi, Meutia Hatta Swasono, Anton J. Supit, John Pieris, Sutradara Gintings, serta Udju S. Dinata.

Dengan demikian PKP lahir untuk menjawab kebutuhan masyarakat, dengan visi dan misi yang jelas, dan dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.  PKP adalah wadah untuk melanjutkan cita-cita perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

9 Responses to Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia

  1. Pingback: Meutia Hatta Serukan Memilih Perempuan - Pemilu Indonesia 2009

  2. Slamet R March 23, 2009 at 8:22 pm

    Harap di Cek Kelakuan Caleg PKPI untuk Purwakarta Jabar 7 no. 1 memalukan Partai

  3. wahyu April 9, 2009 at 3:54 pm

    saya suka dan sayang dengan PKPI karena ayah saya adalah pengurus partai ini di lampung barat. saya hanya berharap agar partai ini nantinya bisa menjadi partai besar, karena saya ingin ada di dalamnya. semoga sukses PKPI

  4. Maharani April 11, 2009 at 12:19 pm

    Saya simpatisan PKPI, saya rakyat kecil, tapi saya kecewa berat dan ikut berduka karena perolehan suara PKPI yang sangat sedikit. Kalau seperti yang diberitakan sampai hari ini tentang perolehan suara PKPI, pasti PKPI akan almarhum. Kasihan, para anak bangsa terbaik yang telah berjuang mendirikan partai ini. Saya jadi bertanya, kegagalan ini apakah salah satunya karena banyak para pengurus partai maupun kader-kader di daerah-daerah , tidak bekerja maksimal seperti partai-partai lainnya? atau karena ada pengurus yang hanya mementingkan dirinya sendiri?ataukah dana yang diberikan kepada partai di daerah hanya dimanfaafkan untuk kepentingan pribadi, bukan untuk kepentingan partai? Bu Meutia Hatta, perlu evaluasi untuk hal-hal ini. Juga yang perlu dicermati, hasil pemilu 2009 ini hanya untuk orang yang berduit, bukan berdasarkan kompetensi calegnya. banyak anak konglomerat daerah yang menang karena “money politic”. Betul sekali, bahwa pemilu sekarang lebih berpihak kepada orang-orang yang “bright man” bukan untuk ” right man”.
    Ke depan saya lebih senang kalau para caleg harus mengikuti semacam “fit and proper test” oleh lembaga independen seleksi calon legislatif. Sehingga uang rakyat benar-benar diberikan kepada orang-orang yang pantas untuk itu, bukan sekedar dibagi-bagi kepada ” para penggembira ” yang sekedar duduk di gedung mewah hasil keringat rakyat.

  5. Suntari,SH.,M.Kn. December 8, 2011 at 6:31 pm

    mhn disampaikan ke bu Ellen Sukmawati, SH., M.Kn. sy temannya dari UNAIR SBY, saat ini bekerja sebagai HRD RS. AL-IRSYAD Surabaya HP sy 087853175872

  6. Kristinus Andre Satoko,SE,M.Si April 1, 2013 at 6:40 am

    Kita Maju Bersama utk Keadilan dan Persatuan Indonesia secara Bersama-sama

  7. Much Riwanto April 15, 2013 at 12:59 am

    bangkit lah PKPI kami di daerah provinsi jambi siap all out membangkitkan PKPI….kompak dan tidak egois PASTI bisa

  8. julius December 16, 2013 at 12:45 am

    Bravo PKP Indonesia,,,PKP Indonesia adalah wadah aspirasi bagi masyarakat yang termarginalkan dan selalu tereliminasi akibat kompetisi dan dominasi kebijakan yang mengedepankan kepentingan pribadi dan golongan,,,,,,bersatulah mentawai ,,,,come on,,,,,,

  9. Yuliardi Elifi January 8, 2014 at 1:39 pm

    hidup PKPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone