Partai Barisan Nasional


Partai Barisan Nasional

Ketua Umum : Prof Roy Sembel
Sekretaris Jendral : Prof. KH. Rusmana Kelana

Kantor DPP
Alamat : Jl. Gunawarman No. 32 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12810
Telp     : 021-7269588, 7269635, 72669588
Fax      : 021-7243081

Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2009 : 6

Website : http://www.partaibarnas.org

Visi

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat umum, khususnya di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan bidang usaha.

PENDATANG BARU MAU TAMPIL BEDA

WALAU mengakui mendirikan partai politik bukan hal mudah, Ketua Umum Partai Barisan Nasional atau Barnas Vence Rumangkang menyatakan optimistis Partai Barnas yang didirikannya bisa tampil beda, bahkan mampu berkompetisi dengan partai lama dalam menghadapi Pemilihan Umum 2009.

Partai Barnas yang berdiri tanggal 1 Oktober 2007 bertekad membangun bangsa dari keterpurukan, terutama memfokuskan peningkatan kesejahteraan rakyat. Berikut petikan wawancara Kompas dengan Vence Rumangkang.

Bagaimana sejarah Partai Barnas lahir?

Latar belakang berdirinya partai ini sebenarnya masih terikat komitmen dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kami melihat masih perlu ada kekuatan lain yang menopang SBY. Partai-partai baru ada kecenderungan tidak mendukung beliau. Oleh karena itu perlu ada partai baru, yang minimal mengawal pemerintahan, atau bisa bersinergi dengan Partai Demokrat.

Awalnya bersumber dari Barisan Nasional Demokrat yang independen. Setelah beberapa kali pertemuan nasional, muncul tuntutan supaya melahirkan satu partai.

Kalau masih sejalan dengan SBY, kenapa berpisah dengan Demokrat?

Menurut saya, Partai Demokrat sudah settled. Biarkan saja mereka berjalan sesuai dengan program mereka. Saya melihat bahwa ada kekuatan baru yang akan kami mobilisasi untuk bisa menggunakan hak pilihnya lewat Partai Barnas. Sasaran kami itu. Berkompetisi dengan partai lain memperebutkan suara mengambang 30 persen.

Bukan karena Anda kecewa dengan Partai Demokrat?

Penilaian itu boleh saja. Itu hak mereka untuk menilai.

Tetapi saya berpendapat lain. Kalau alasan pribadi enggaklah. Saya secara pribadi masih menjalin hubungan baik dengan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, yaitu Pak SBY. Kita tidak berseberangan. Kami justru mendorong Partai Demokrat harus lebih eksis daripada Pemilu 2004. Kenapa demikian? Karena saya punya tinta emas di sana, yakni mendirikan Partai Demokrat. Jangka panjang Partai Demokrat, harus berjuang untuk kemakmuran bangsa. Memang ada program jangka pendek menjadikan SBY sampai 2014. Dengan catatan, beliau harus all out perjuangkan kepentingan bangsa. Secara pribadi saya terikat dengan komitmen itu. Tetapi kalau bicara Partai Barnas, tentu beda komitmen saya dengan beliau.

Menurut Anda, SBY selama ini sudah all out?

Menurut hemat saya, Pak SBY telah berupaya maksimal sekalipun harus disadari bahwa persoalan bangsa masih menggumpalkan banyak masalah, terutama mengenai kesejahteraan rakyat.

Partai Barnas akan berafiliasi dengan Partai Demokrat?

Tidak. Secara organisatoris sama sekali tidak. Partai Barnas independen. Kita hanya satu asas dan kebetulan pendiri partainya sama.

Kalau menjadi partai oposisi?

Partai Barnas akan bersikap kritis dan konstruktif terhadap setiap persoalan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. Jadi Partai Barnas tidak akan mengembangkan kultur oposisi.

Jadi sebenarnya Partai Barnas didirikan untuk apa?

Tujuan Partai Barnas didirikan adalah menjadikan partai jangkar atau setidak-tidaknya perekat bagi setiap kekuatan nasional yang bertekad untuk memperjuangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Yang jelas, Partai Barnas tidak boleh menjadi penonton dalam setiap kompetisi demokrasi.

Apa sudah ada calon presiden dari Partai Barnas?

Sebagai ketua umum partai, tentu saya akan tunduk kepada keputusan partai. Jadi mendukung si A atau si B tidak bisa dilahirkan oleh pemikiran satu orang, mesti diambil keputusan dalam satu forum nasional. Sampai saat ini belum ada capres dari Partai Barnas. Walau secara pribadi saya punya komitmen dengan SBY untuk berjuang sampai 2014, tetapi sebagai Ketua Umum Partai Barnas, saya memerlukan pertemuan nasional.

Ada berapa kader Partai Demokrat di Partai Barnas?

Saya kira sangat kecil. Dari 60 orang, paling hanya ada satu-dua orang. Yang banyak justru orang baru, mantan birokrasi, pensiunan TNI/Polri.

Jadi lahirnya Partai Barnas tidak untuk menggembosi Partai Demokrat?

Tidak benar itu. Saya mungkin orang yang paling pertama sedih dan menangis kalau Partai Demokrat dalam Pemilu 2009 mengalami kemerosotan. Saya pernah katakan kepada Pak SBY. ”Pak, kalau Partai Demokrat pada Pemilu 2009 mengalami kemerosotan, apalagi kurang dari perolehan suara pada Pemilu 2004, orang pertama yang sedih bahkan menangis dalam hati adalah saya dan Bapak. Karena Partai Demokrat ini lahir karena saya dengan Bapak.” Itu saya katakan kepada beliau.

Apakah Partai Barnas ada kaitan dengan lembaga Barisan Nasional?

Partai Barnas dibentuk tanggal 1 Oktober 2007 dan tidak mempunyai hubungan apa pun dengan organisasi atau lembaga Barisan Nasional yang dipimpin Letjen (Purn) Kemal Idris dan kawan-kawan. Tetapi kami cukup mengenal kredibilitas dan ketokohan Pak Kemal Idris dan kawan-kawan. Generasi berikutnya harus mencontohi pengabdian mereka selama ini terhadap negara dan bangsa.

Bagaimana Partai Barnas berkompetisi dengan partai lama?

Partai Barnas harus bersatu dan punya loyalitas. Ini tugas saya sebagai ketua umum, bagaimana membina mereka agar punya kualitas dalam berpolitik sehingga kami bisa bersaing dengan partai-partai lama.

Bagaimana Partai Barnas merekrut caleg?

Caleg Partai Barnas direkrut atas dasar kompetensi dan komitmen membela dan mempertahankan Pancasila dan UUD 1945. Namun harus diakui waktu sangat terbatas sehingga persyaratan kualitatif yang diberlakukan memerlukan penyesuaian guna memberi kesempatan kepada kader-kader dan simpatisan yang potensial. Yang jelas, Partai Barnas tidak kesulitan merekrut caleg. Buktinya sampai sekarang ini sudah ada 600 lebih pendaftar untuk DPR.

3 Responses to Partai Barisan Nasional

  1. nowosteady70 December 25, 2008 at 1:27 am

    syarat jadi kader apa?
    di kota depok, terutama ranting Depok Jaya ada gak?

  2. maulizar June 5, 2009 at 3:21 pm

    bagai mana cara nya untuk menjadi kader partai demokrat, khusus nya untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar? Saya ingin bangat menjadi kader demokarat dan bisa berpartisipasi dengan partai demokrat ini.

  3. PERSATUAN DAYAK BORNEO KALTIM October 16, 2010 at 7:54 am

    Bencana Wasior akan terjadi lagi di Kampung Long Daliq, Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat. Komposisi tanah di sekitar kampung itu rapuh karena di dimoninasi oleh liat berpasir. Sekarang disitu sedang berlangsung illegal mining oleh perusahaan tambang batu bara yang dipimpin oleh Purnawirawan Jenderal Korea yang bernama Mr. Kim dan Mr. Park.

    Perusahaan ini bernama PT. Kedap Sayaaq yang komisarisnya bernama Vence Rumangkang (Pendiri Partai Demokrat). Sementara para warga Korea yang mengoperasikan tambang ini berlindung dibawah payung PT. BK Global dan mereka adalah sahabat karib SBY pada saat mengikuti pendidikan militer di Amerika.

    Si Korea menyatakan bahwa kampung, hutan dan tambang disana adalah milik orang Korea, karena sudah dibeli dari Vence Rumangkang. Katanya Orang Dayak sudah tidak punya apa-apa lagi disitu. Ketika dikonfirmasi bagaimana perijinan perusahaan ini di Dinas Kehutanan Provinsi KALTIM ternyata mereka bekerja dalam 3 kawasan hutan yang dimiliki oleh HPH yang bernama PT.Triwira Asta Bharata, PT.Kedaap Sayaaq dan Pondok Pesantren Darussalam. PARAHNYA LAGI, MEREKA BEKERJA DALAM KAWASAN HUTAN TANPA IJIN PINJAM PAKAI KAWASAN HUTAN DARI KEMENHUT. Hal ini menurut Kasubdin Perlindungan Hutan Provinsi Kaltim sudah diadukan ke POLDA KALTIM tapi juga DIAM TIDAK BERGEMING. Takut dikerjai oleh BIN.

    Ketika kami mengunjungi lokasi tersebut, kami menemukan bahwa proyek GNRHL yang dibiayai oleh Dana DAK DR yang dilaksanakan oleh beberapa kelompok tani setempat, hancur digerus tambang tersebut. Kami telah menghimbau perusahaan tersebut untuk memperbaikinya, namun si Korea tetap tegar bak batu karang menyatakan apaun yang mereka lakukan disitu sudah legal karena hutan dan tambang disitu milik mereka. Kita dijajah oleh KOREA. Dinas Kehutanan Kutai Baratpun sudah tahu, tapi ada pesan dari Bupati Kutai Barat, Ismael Thomas, agar jangan sampai ada permasalahn yang diekspose pada lokasi tersebut.

    Ketika kami konfirmasi kepada perusahaan HPH yang diperkosa, mereka hanya diam karena tambang itu dilindungi oleh Para Perwira Polisi dan Tentara. Kadang2 katanya ada orang yang mengaku dari BIN yang mengawasi lokasi tambang ini.

    Sebegitu kuatkah jaringan kekuasaan SBY melindungi kepentingan Korea ini, sampai-sampai aparat Pemerintah dan Hukum, tidak bisa berkutik. Akhirnya masyarakat Dayaklah yang terkena timpaan bencananya di kemudian hari.

    Kami berharap kawan2 BARNAS bisa tersentuh untuk membantu masyarakat kami disitu, karena mereka sudah pasti dalam 2 -3 tahun kedepan akan ada yang mati tertimbun tanah dan minum racun limbah dari tambang tersebut.

    PERSATUAN DAYAK BORNEO KALTIM
    (SIMON PETRUS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone