Libur Panjang Banyak Golput

Gubernur Jawa Timur Soekarwo

Gubernur Jawa Timur Soekarwo

Pemilu 9 April 2009 yang ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah ternyata menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Dan penetapan hari libur tersebut juga membuat semakin panjangnya liburan dalam minggu itu.

Hal ini karena 10 April yang jatuh hari Jumat juga merupakan hari libur nasional yakni hari wafatnya Isa Al Masih. Sedangkan Sabtu dan Minggunya merupakan hari libur perkantoran pemerintah dan swasta. Dengan panjangnya hari libur itu dikhawatirkan bisa memancing masyarakat untuk bepergian ke luar kota atau mudik ke kampung halamannya.

Saya khawatir dengan adanya libur panjang tersebut, sebab bisa saja orang memilih bepergian ke luar kota, baik itu pulang kampung atau berekreasi,” ungkap Gubernur Jatim Soekarwo saat melakukan kunjungan kerja untuk memantau kesiapan Pileg di Kota Batu, Malang, Selasa (31/3).

Bahkan secara berkelakar Soekarwo mengusulkan diberikan dispensasi khusus agar wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu diberi kesempatan menggunakan hak pilihnya di TPS yang ada di Kota Batu. “Kalau dalam Pemilu-pemilu sebelumnya bisa menggunakan kartu AB, kan bisa saja dalam Pemilu kali ini diberlakukan,” ungkapnya.

Langkah tersebut untuk memberi kesempatan kepada wisatawan untuk menggunakan hak pilihnya. “Kan selama ini belum ada wisata Pemilu. Kalau Pemilu kali ini bisa, kan sebuah terobosan baru,” tandasnya.

Sayangnya usul Gubernur tersebut sulit direalisasikan. Sebab untuk bisa menggunakan formulir model A5, pemilih harus melapor terlebih dahulu ke TPS di mana pemilih tersebut terdaftar. Dengan berbekal formulir model A5, pemilih bisa mengantri di TPS tujuan. Namun mereka baru bisa menggunakan hak pilihnya di bagian terakhir dari antrian pemilih yang terdaftar dalam TPS tersebut.

“Bisa saja dilakukan, namun pemilih harus melapor dahulu ke TPS asal dengan menyebutkan TPS yang dituju beberapa hari sebelum hari pemungutan suara,” ungkap anggota KPU Propinsi Jatim Agung Nugroho.

Dalam kesempatan tersebut Soekarwo juga mengingatkan bahwa ada 2 hal yang cukup krusial dalam pelaksanaan Pileg yaitu masalah logistik dan sengketa pemilu. Kesiapan logistik TPS harus sudah selesai sebelum hari tenang 8 April, sehingga pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan lancar.

Sedangkan terkait dengan masalah sengketa, Gubernur meminta agar ditangani secara tegas, cepat dan cermat. “Saat ini 65 persen caleg kan tergolong memiliki pekerjaan tak tetap alias pengangguran. Makanya kemungkinan mereka akan ngeyel, jadi perlu penanganan yang baik,” tutur mantan Sekdaprop Jatim tersebut.

Terkait dengan hal itu, Kajati Jawa Timur Zulkarnaian menegaskan bahwa tidak semua laporan pengaduan adalah pelanggaran pemilu. Setiap laporan pengaduan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung. Setelah itu baru diklasifikasikan apakah termasuk pelanggaran administrasi atau pidana.

Zulkarnain juga menegaskan bahwa saat ini antara Kejaksaan, Panwas dan Kepolisian tidak ada beda pandangan tentang penanganan pelanggaran Pemilu, “Kita yang tergabung dalam Gakkumdu sudah satu pandangan dan satu kata dalam penanganan pelanggaran Pemilu,” tegasnya.

Sumber : kabarpemilu

One Response to Libur Panjang Banyak Golput

  1. christine April 9, 2009 at 8:08 pm

    menurut saya, masyarakat yang golput akan tetap banyak tanpa liburan panjang pun. sistem birokrasi yang SANGAT tidak efisien dan efektif membuat banyak masyarakat (terpaksa) golput. hal ini bukan bagian dari kesalahan masyarakat melainkan keteledoran panitia pemilu (banyak masyarakat yang tidak terdaftar). tidak heran jika nanti akan banyak masyarakat yang trauma dan mengurungkan niat mereka untuk mengikuti pemilihan-pemilihan serupa. bagaimana Indonesia bisa maju dengan sistem seperti ini? ingin menyalurkan hak pilih saja harus dibuat ribet. sangat disayangkan dan cukup mengecewakan! kalau begini caranya, bukan PEMILU lagi namanya. tapi, PEMIKHU (pemilihan khusus) karena banyak dari apresiasi rakyat yang tidak tersalurkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone