3 Caleg Diduga Berijazah Palsu Tetap Dilantik

Ketua KPU Melihatkan Contoh SUrat Suara Pemilu 2009

Tiga calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang yang diduga menggunakan ijazah palsu tetap dilantik sebagai calon terpilih hari ini. Mereka tiga di antara 50 calon yang menjalani pelantikan Senin 31 Agustus 2009 siang ini.

Ketiga calon terpilih yang diduga bermodal ijazah palsu itu adalah Dasiman dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sofyan Ahmad dari Partai Gerakan Indonesia Raya dan Munhadiyah dari Partai Demokrat. Dasiman bahkan sudah dinyatakan Kepolisian Resor Metro Tangerang sebagai tersangka pemalsuan ijazah.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Banten, Lukman Hakim, menyatakan tidak bisa membatalkan pelantikan ketiga calon yang berasal dari daerah pemilihan Tangerang V yang meliputi Kecamatan Ciledug, Karang Tengah dan Larangan itu. Pembatalan pelantikan haruslah berdasarkan putusan pengadilan.

“Anggota DPR, DPD dan DPRD bisa dianulir bila mengundurkan diri, menggunakan ijazah palsu dan menjadi narapidana. Tapi, itu harus ada kekuatan hukum tetap dari pengadilan,” kata Lukman.

Koordinator KPU Kota Tangerang itu mengaku sudah melaporkan kasus Dasiman ke KPU Pusat untuk meminta petunjuk. Akan tetapi, hingga kini petunjuk dari KPU Pusat belum diterimannya, sehingga Dasiman tetap dilantik.

Sementara Ketua DPC Partai Gerindra Amrin Gobel menyebutkan bahwa keanggotaan Sofyan Ahmad sudah dicabut sejak 26 Agustus 2009 oleh DPP Partai Gerindra. “Surat pemecatan Sofyan Ahmad sudah kita sampaikan ke KPU Banten, tapi mengapa tetap dilantik,” ujar Amrin.

Tak pelak pelantikan caleg berijazah palsu ini juga disayangkan Ketua DPC Partai Demokrat Herry Rumawatie. “Seharusnya KPU Banten jangan kaku begitu dengan tetap melantik caleg berijazah palsu meski belum ada putusan resmi. Setidaknya untuk 3 orang itu ditunda dulu pelantikanya karena bermasalah,” ujarnya.

Sementara berdasarkan sumber VIVAnews.com, dalam pelantikan DPRD Kota Tangerang periode 2009-2014 akan diwarnai aksi unjuk rasa kelompok massa dari PDIP yang menolak pelantikan Dasiman dan kelompok massa dari Partai Gerindra yang menolak pelantikan Sofyan Ahmad.

Sumber : Vivanews
Senin, 31 Agustus 2009, 15:54 WIB
Arfi Bambani Amri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone