Saat Pemilu, Pengusaha Harus Liburkan Pegawai

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta kepada para pengusaha agar meliburkan pegawainya di saat pelaksanaan pemilu, karena pemilu dilaksanakan pada hari libur atau hari kerja yang dinyatakan sebagai hari libur.

Keppres no.7 tahun 2009 telah menetapkan, hari Kamis tanggal 9 April 2009 sebagai hari libur nasional dan kami sudah menyampaikan hal ini kepada semua instansi baik negeri maupun swasta,” kata Ketua Divisi Sosialissi KPU Endang Sulastri dalam acara sosialisasi Pemilu di Jakarta, Selasa (31/3).

Namun untuk kantor atau instansi yang sifatnya memberikan pelayanan seperti rumah sakit, terminal, bandara harus tetap buka, sedangkan untuk pasar dan mal diminta buka sekitar pukul 11.00 atau dilakukan secara bergantian untuk memberikan kesempatan kepada pegawai menunaikan hak pilihnya.

Karenanya, berdasarkan UU bila pimpinan perusahan tidak memberikan kesempatan kepada karyawannya, akan terkena sanksi pidana dan denda.

Sedangkan daftar pemilihan tetap/tambahan (DPT/Tb) adalah dimaksudkan bukan menambah pemilih, tapi pemilih yang telah terdaftar yang ingin pindah tempat pemilihan (TPS) karena alasan pekerjaan atau berangkat ke luar negari, mereka dapat meminta Formulir A5 dari TPS asal.

Kemudian formulir A5 harus telah diserahkan tiga hari sebelum hari (H), sedangkan untuk pemilihan diluar negeri dapat diserahkan pada hari saat pemilihan tersebut, itu yang disebut DPT/Tb.

Sedangkan pemilih yang tidak terdaftar di DPT tidak bisa memilih dalam pemilu Caleg, meski membawa sekopor bukti identitas, tapi boleh didaftar untuk ikut pemilihan presiden pada 8 Juli 2009.

”Namun bagi pemilih yang tidak memiliki daftar panggilan, tapi namanya tercantum di DPT di TPS bersangkutan, mereka dapat melakukan pemilihan di TPS tersebut,” katanya.

4 Responses to Saat Pemilu, Pengusaha Harus Liburkan Pegawai

  1. heru April 4, 2009 at 4:47 pm

    di bali ada nih hotel yang gak meliburkan karyawannya. masuk seperti biasa, dari jam 9 pagi sampe jam 6 sore. gimana tuh?

  2. Liana April 8, 2009 at 9:07 am

    Di Kantor saya juga tidak libur pada saat PEMILU..itu gimana?
    dikenakan denda juga apa ga?saya juga kan berhak milih,,,kalau ga kerja gaji saya dipotong.

  3. Ika sby July 6, 2009 at 12:52 pm

    Yg krj di SPBU yg sift pagi/Pelayanan jasa yg lain jg ga libur neh.. Ga bisa nyntrenk dunk..
    Gimana neh? Ilang dunk hak pilih gw..

  4. Junaedi July 7, 2009 at 12:12 pm

    Bagaimana para tenaga perawat (Rumah Sakit) dan tenaga keamanan.(Perusahaan Jasa Kemanan) apakah ada perarturan yang berkaitan bagi 2 perusahaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone