Pekerja Tak Libur Saat Pemilu

Kalangan pengusaha di Bandung dan Jawa Barat tetap memberlakukan hari kerja saat pemilihan umum 9 April.

Sebagian memundurkan waktu jam kerja, tapi ada pula yang tidak. “Pencontrengan bisa diatur,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jawa Barat Herman Muhtar, Senin (6/4).

Menurut Herman, pegawai hotel dan restoran tetap harus masuk sesuai jam kerja seperti biasa. Manajemen akan mengatur giliran pemilih memberikan hak suaranya.

“Mereka bisa mendatangi TPS terdekat tempat kerjanya,” katanya. Aturan ini sama seperti saat pemilihan umum 2004.

Berbeda dengan PHRI, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kota Bandung Hendri Hendarta memberikan kelonggaran. Seluruh pegawai diizinkan masuk siang hari setelah memilih di tempatnya masing-masing.

“Jam (masuk) kerja dimundurkan ke pukul 11 siang,” ujarnya.

Hendri beralasan, aturan pemilu kali ini berbeda dengan sebelumnya. Setiap orang jadi tak gampang pindah lokasi memilih karena harus mengurus dulu formulir A5.

Karena itulah pekerja diberikan kesempatan untuk memilih di rumahnya daripada ke TPS yang dekat dengan tempat kerja.

Dia mengatakan tidak ada surat edaran khusus tentang itu, namun pengusaha sepakat mengubah jam kerja pada 9 April.

Dengan perubahan jam kerja, manajemen akan mengatur pembagian waktu tugas pekerja. “Tidak merugikan pengusaha. Pemilu kan tidak setiap hari,” katanya.

Dengan perubahan jam kerja, kata Hendri, swalayan atau supermarket juga baru bakal buka siang hari. Sementara waktu tutup normal pada pukul 10 malam.

Sumber Tempointeraktif ANWAR SISWADI

7 Responses to Pekerja Tak Libur Saat Pemilu

  1. setho April 7, 2009 at 4:29 pm

    Apakah dengan masuk seperti biasa, bisa menimbulkan golput pada pegawai yg memilih di tmp dekat kerja?
    Coz klo nyontreng di TPS masing2 apabila belum hadir biasanya di panggil oleh PPS setempat, jadi untuk golput tidak akan terjadi…

  2. Koko Aruan April 7, 2009 at 11:04 pm

    Majikan dan pengusaha wajib meliburkan para pekerjanya pada hari pencontrengan karena telah diatur dalam UU No 10 tahn 2008,dan ada sanksi Pidana nya

  3. dika April 10, 2009 at 11:48 am

    di tempat kerja saya pada saat pemilu diliburkan, tetapi karyawan wajib menggantinya masuk seperti biasa pada hari minggu tanggal 5 April 2009.
    dan tidak dianggap lembur.
    apa Keppres itu berlaku untuk semua perusahaan (mksd saya tidak hanya PT, tapi CV juga, atau ada kebijakan lain). Mohon petunjuknya.
    tlg kirim ke email saya.thx

  4. Yudi June 18, 2009 at 11:29 am

    Apakah PEMILU CAPRES – CAWAPRES tanggal 8 Juli 2009 juga ditetapkan sebagai hari libur nasional seperti halnya PEMILU Legislatif? Terimakasih.

  5. Gedion M Kestiyoso, ST, MM July 3, 2009 at 11:49 am

    bagi bapak2, ibu2, sdr2 yg berwenang, tolong segera umumkan hari coblosan tgl 8 Juli itu jadi hari libur nasional apa kagak. Segera umumkan.

  6. Gedion M Kestiyoso, ST, MM July 3, 2009 at 11:58 am

    maaf bapak2, ibu2, sdr2 yg berwenang jangan sibuk debat terus, sampai lupa ngumumin hari pencontrengan ( bukan hari coblosan ; sudah dirubah caranya ya ) tgl 8 Juli itu hari libur apa kagak. Saya kira lebih cepat diumumkan lebih baik, atau kalau perlu tinggal lanjutkan aturan yg sudah ada. Tks

  7. Yudi July 3, 2009 at 2:45 pm

    Saya pada mulanya ragu, tapi kemudian sudah menjadi jelas.
    Menurut UU No. 42 Tahun 2008 tentang PEMILU Presiden Dan Wakil Presiden sbb:
    Pasal 3 (3) Pemungutan suara dilaksanakan secara serentak pada hari libur
    atau hari yang diliburkan
    Selanjutnya lihat pasal ancaman pidana Pasal 202 dan Pasal 238
    Saran saya yang paling aman adalah LIBUR kalau tidak libur harus pandai-pandai mengatur jadwal kerja karyawan dan jangan sampai ada kesan “melarang” dan atau “menghalangi” partisipasi dalam PEMILU.
    Mudah-mudahan Bapak-bapak di elite politik bisa mempertimbangkan, ke depan, PEMILU dapat dilaksanakan pada hari Sabtu atau Minggu. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone