Money Politic Sengsarakan Caleg

Money Politic

Money Politic

Ketua Panwaslu Kabupaten Situbondo, Eko Kintoko Kusumo, memperingatkan para pimpinan partai politik (parpol) maupun calon legislatif (caleg) agar jangan melakukan money politic dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) pada 9 April 2009.

“Jangan mencoba melakukan money politic untuk mensukseskan para calegnya. Jika hal itu terbukti dilakukan, maka hukuman penjara sudah menunggu mereka,” tegas Eko saat ditemui Senin (2/2).

Bukan hanya itu, lanjut Eko, caleg yang sudah terpilih pun akan digagalkan pelantikannya jika terbukti melakukan perbuatan yang menodai pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

“Jadi politik uang sebenarnya sangat merugikan dan menyengsarakan caleg,” ungkapnya.

Menurut Eko, sesuai dengan pasal 87 UU Nomor 10 Tahun 2008 yang dimaksud money politic adalah memberikan uang atau materi sebagai imbalan baik secara langsung atau tidak langsung. Tuntutannya, agar pemilih menggunakan hak pilihnya.

“Atau bisa saja money politic bertujuan, agar penerima menggunakan hak pilihnya supaya memilih peserta Pemilu atau memilih caleg tertentu. Bisa juga dengan cara tertentu sehingga surat suara tak sah,” jelas Eko.

Yang paling banyak terjadi, kata dia, money politic untuk mempengaruhi agar memilih partai peserta Pemilu tertentu atau memilih caleg DPRD tingkat kabupaten, propinsi, pusat atau calon DPD. Karena itu, jika terbukti melakukan politik uang tersebut, Panwaslu bakal memprosesnya secara hukum.

Sesuai dengan pasal 274 UU Nomor 10 Tahun 2008, tindakan tersebut diancam dengan pidana kurungan minimal enam bulan penjara dan maksimal 24 bulan penjara. Selain itu, yang bersangkutan masih dikenai denda minimal Rp 6 juta dan maksimal Rp 24 juta.

Larangan caleg yang melakukan money politik, lanjut Eko, diatur dalam pasal 218 UU Nomor 10 Tahun 2008. Jika tindak pidana money politic terbukti di pengadilan, maka caleg yang bersangkutan tidak dapat dilantik sebagai anggota DPRD tingkat kabupaten, propinsi, pusat maupun DPD.

“Makanya kita mengimbau kepada semua caleg untuk fair play dalam pelaksanan Pileg 2009. Kita akan benar-benar memaksimalkan pengawasan sehingga tindakan pelanggaran termasuk money politic bisa diketahui,” kata Eko.-kp011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Widgetized Section

Go to Admin » appearance » Widgets » and move a widget into Advertise Widget Zone